Peristiwa Nasional

Resmikan MPP Kabupaten Madiun, MenPAN RB: Perizinan Tidak Muter-Muter Lagi

Rabu, 24 November 2021 - 20:37 | 55.58k
MPP Kabupaten Madiun secara resmi dilaunching oleh MenPAN-RB Tjahjo Kumolo. (Foto: Humas Pemkab Madiun for TIMES Indonesia)
MPP Kabupaten Madiun secara resmi dilaunching oleh MenPAN-RB Tjahjo Kumolo. (Foto: Humas Pemkab Madiun for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Kebutuhan masyarakat mendapat layanan mudah dan cepat diharapkan terpenuhi dengan hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Madiun. Grand Launching MPP dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, Rabu (24/11/2021).

"Ini merupakan tekad dan inovasi dari bupati agar warganya mendapat layanan mudah, cepat, transparan dan bisa dipertanggungjawabkan. Tidak muter-muter lagi. Masuk satu mal selesai semua urusannya," jelas Tjahjo Kumolo.

MPP Kabupaten Madiun 2Bupati Madiun H. Ahmad Dawami mendampingi penandatanganan prasasti oleh MenPAN-RB. (Foto: Humas Pemkab Madiun for TIMES Indonesia)

Tjahjo menegaskan reformasi birokrasi intinya adalah pemerintah baik pusat maupun daerah mempermudah pelayanan kepada masyarakat dan memangkas jalur birokrasi yang panjang. Serta transparansi biaya layanan khususnya perizinan.

"Mengurus izin satu hari saja cukup. Tidak harus bolak-balik lagi," kata Tjahjo.

Dengan percepatan layanan perizinan diharapkan akan berdampak pada peningkatan investasi. Sehingga bisa mendukung pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Madiun.

"Madiun akan bisa berkembang menjadi daerah penyangga, daerah industri dan pertanian," kata MenPAN-RB.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak juga menegaskan kehadiran MPP akan menjadi daya tarik bagi investor. Mengingat Kabupaten Madiun akan menjadi tulang punggung industri padat karya di Jawa Timur  ke depan.

MPP Kabupaten Madiun 3Berbagai jenis layanan perizinan sudah terintegrasi di MPP Kabupaten Madiun. (Foto: Yupi Apridayani/ TIMES Indonesia)

"MPP merupakan bentuk komitmen bahwa Madiun ramah terhadap investor," imbuh Emil.

Keberadaan MPP di Kabupaten Madiun menurut Bupati Madiun H. Ahmad Dawami merupakan representasi dari pelaksanaan sistem akuntabilitas instansi pemerintah (sakip) yang mengedepankan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

"Proses menuju grand launching ini cukup panjang. Ada asesmen yang harus kita lewati untuk memenuhi standar pelayanan publik," ungkap bupati.

Semua jenis layanan, lanjut bupati, seluruhnya akan terintegrasi di MPP.

Pemkab Madiun juga mempertimbangkan lokasi MPP yang saat ini berada di kompleks kantor bupati lama yang notabene berada di wilayah Kota Madiun. "Di sini kita hitung  bagaimana biaya masyarakat itu efisien,'' jelas bupati.

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo secara simbolis meresmikan MPP Kabupaten Madiun didampingi Wagub Jatim Emil Dardak dan Bupati Madiun H. Ahmad Dawami. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES