Peristiwa Daerah

Forum PKP Diskusikan Penanganan Kawasan Kumuh di Ponorogo

Rabu, 24 November 2021 - 19:13 | 68.48k
Kepala Dinas PU PKP Ponorogo, Jamus Kunto Purnomo. (Foto: Evita/TIMES Indonesia)
Kepala Dinas PU PKP Ponorogo, Jamus Kunto Purnomo. (Foto: Evita/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGOForum PKP (Pengembangan Kawasan Permukiman) Kabupaten Ponorogo selama dua hari (23-24 November 2021) melaksanakan lokakarya program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh).

Lokakarya program KOTAKU tahun 2021 ini diselenggarakan dengan tiga tujuan utama yakni melihat secara komprehensif pelaksanaan program selama setahun khususnya progress kegiatan skala lingkungan yang difasilitasi dari dana Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Reguler 2021. Kedua melihat progress capaian pengurangan kumuh sampai dengan Oktober tahun 2021. Ketiga capaian kolaborasi penanganan dan pencegahan kumuh di Kabupaten Ponorogo.

Forum PKP 2

Kepala Dinas PU PKP Kabupaten Ponorogo Jamus Kunto Purnomo menyampaikan, bahwa program KOTAKU merupakan merupakan program penataan lingkungan permukiman dari Kementerian PUPR yang diimplementasikan melalui Ditjen Cipta Karya sejak tahun 2016.

"Program KOTAKU memiliki target dari kinerja  yang jelas dan terukur setiap tahunnya, yaitu terwujudnya  kota layak huni dan berkelanjutan serta pencapaian 100-0-100 (100% pemenuhan akses air minum, 0% luasan kumuh, dan 100% sanitasi layak)," ujar Jamus, Rabu (24/11/2021). 

Ia pun menjelaskan seluruh tahapan program KOTAKU harus dilaksanakan dengan baik dan melibatkan masyarakat setempat, mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pelaporan.

Sementara Kepala Bidang Prasarana Wilayah Bappeda Ponorogo, Sutikno, menyampaikan mengenai arah kebijakan Kabupaten Ponorogo 2021-2026 berdasarkan visi dan misi  Bupati, yakni mewujudkan Kabupaten Ponorogo Hebat (Humanis, Elok, Bergas, Amanah dan Takwa). 

Forum PKP 3

"Pelaksanaan program KOTAKu di Kabupaten Ponorogo harus selaras dengan visi misi Bupati sehingga target pencapaian lebih mudah yakni dengan berkolaborasi seluruh pihak.

Hal senada juga diungkapkan koordinator program KOTAKU Kabupaten Ponorogo, Taufiq Alvi, bahwa capaian pengurangan kumuh  di tahun 2020-2021 mencapai 42,34 Ha dari total kumuh seluas 87,09 Ha (SK kumuh tahun 2019).

"Kami berharap penanganan kumuh di Kabupaten Ponorogo menjadi konsentrasi bersama, kita tuntaskan secara gotong-royong sehingga cita-cita Kota Tanpa Kumuh di Ponorogo bisa segera terwujud," ujar Koordinator program KOTAKU kabupaten Ponorogo, Taufik Alvi. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES