Peristiwa Daerah

Dari IPA Situbatu Kota Banjar, Perumdam Tirta Anom Pasok Air Bersih ke 93 SR

Rabu, 24 November 2021 - 19:01 | 32.02k
Uji alir tahap kedua sudah berhasil mengalirkan air (foto: Susi/TIMES Indonesia)
Uji alir tahap kedua sudah berhasil mengalirkan air (foto: Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Target Perumdam Tirta Anom adalah menyuplai air bersih ke  semua sambungan rumah yang berada di cakupan Instalasi pengolahan air (IPA) Situbatu, Kota Banjar yang sebelumnya sudah terdata sebagai pelanggan baru.

Dikatakan Direktur Perumdam Tirta Anom, E Fitrah Nurkamilah, ST bahwa sebanyak 93 sambungan rumah (SR) telah berhasil menerima pasokan air bersih dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Situbatu. "Uji alir dari IPA Situbatu sudah dilaksanakan secara bertahap," ucapnya kepada TIMES Indonesia, Rabu (24/11/2021).

Menurutnya, kali ini baru sebanyak 93 sambungan rumah sudah berhasil mendapatkan air bersih.  "Kita tinggal menunggu perbaikan pipa untuk sambungan rumah yang lainnya,” lanjutnya.

Perumdam Tirta Anom 2Tampak petugas PDAM di Situ Batu juga sedang melaksanakan uji alir (foto: Susi/TIMES Indonesia)

Fitrah menyebut, total ada sekitar 213 SR yang sudah terdata sebagai pelanggan baru sejak beberapa tahun silam. 

"Namun karena IPA Situbatu baru bisa dioperasikan saat ini, pasokan ke SR baru tersebut baru akan laksanakan setelah memastikan pasokan air bersih mengalir secara normal dan instalasinya sudah bisa digunakan dengan baik," jelasnya.

Dari 213 itu masih ada yang belum teraliri karena jaringan pipa distribusi masih ada kendala. "Kita berharap, saat menerima kelola spam jaringan untuk ke masyarakat sudah beres untuk dapat dipergunakan,” ucapnya.

Irman selaku Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPRPK Kota Banjar mengatakan uji alir ke SR di wilayah Situbatu Kecamatan Banjar sudah sebagian berhasil. Beberapa di antaranya yang belum berhasil lantaran masih adanya kerusakan atau kebocoran di jaringan pipa distribusinya.

"Kita sedang melihat dulu tingkat kerusakan pipanya, jika yang bisa diperbaiki maka akan kita perbaiki namun jika ada pipa yang harus diganti maka akan dipasang baru tahun depan,” jelas Irman terkait penyaluran air bersih oleh Perumdam Tirta Anom, Kota Banjar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES