Indonesia Positif

Sisa Sebulan, Ini Langkah Pemkab Indramayu Kejar Target Vaksinasi Covid-19

Rabu, 24 November 2021 - 17:04 | 22.99k
Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Indramayu.(Foto: Diskominfo Kabupaten Indramayu)
Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Indramayu.(Foto: Diskominfo Kabupaten Indramayu)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Di sisa waktu yang hanya sebulan lagi, berbagai upaya dilakukan oleh Pemkab Indramayu, demi percepatan vaksinasi Covid-19 dengan target mencapai 1,4 juta orang hingga akhir Desember 2021. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Indramayu optimis bahwa target 1,4 juta akan tercapai. Berbagai upaya tengah dilakukan, demi percepatan capaian vaksinasi.

Seperti diketahui, vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Indramayu sudah mencapai 60,07 persen atau 878.784 orang per tanggal 23 November 2021. Dengan demikian, dibutuhkan 23 ribu orang yang divaksin setiap harinya, demi mencapai target. "Angka capaian kita hanya 15 ribu hingga 16 ribu orang perhari," ujarnya, Rabu (24/11/2021).

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Indramayu melakukan upaya yakni menambah fasilitas kesehatan untuk melayani vaksinasi, menambah jumlah kapasitas pelayanan, serta menambah jumlah anggota vaksinator.

Untuk penambahan fasilitas kesehatan, lanjut Deden, awalnya hanya 49 puskesmas di seluruh wilayah Kabupaten Indramayu saja yang melayani vaksinasi Covid-19.

Kini, selain puskesmas, pelayanan vaksinasi Covid-19 ditambah 10 rumah sakit yang ada di Indramayu, seluruh klinik, serta 317 bidan yang ada di desa. "Mereka semua harus melayani vaksinasi Covid-19," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, jumlah sasaran di masing-masing fasilitas kesehatan pun ditambah. Jika dulu tiap puskesmas ditargetkan bisa melakukan vaksinasi kepada 50 hingga 100 orang perhari, kini minimal 200 orang per hari.

Kemudian, juga menambah tenaga vaksinator, yang diambil dari STIKES, dokter, bahkan tenaga administrator seperti karang taruna, petugas kecamatan, hingga desa. "Kita optimis bisa mencapai 100 persen di akhir Desember nanti," harapnya terkait target vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan Pemkab Indramayu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES