Indonesia Positif

Satgas Covid-19 di Indramayu Rela Blusukan Demi Vaksinasi Warga Disabilitas

Rabu, 24 November 2021 - 17:29 | 32.30k
Satgas Covid-19 di Indramayu saat memberikan vaksinasi kepada warga disabilitas.(Foto: Dokumentasi Encep RS)
Satgas Covid-19 di Indramayu saat memberikan vaksinasi kepada warga disabilitas.(Foto: Dokumentasi Encep RS)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Masih banyak masyarakat yang belum vaksinasi, membuat petugas mendatangi langsung ke kediaman masyarakat, untuk menjalani vaksinasi secara door to door.

Banyak masyarakat yang enggan menjalani vaksinasi Covid-19, lantaran termakan hoaks atau kabar burung terkait vaksinasi. Selain itu, ada juga masyarakat yang memang tidak bisa pergi ke tempat vaksinasi, lantaran keterbatasan fisik atau disabilitas.

Beragam cerita pun dialami oleh beberapa petugas, seperti Encep RS yang merupakan Sekretaris Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu. Dalam blusukannya ke Desa Majakerta pada Selasa (23/11/2021) kemarin, dia dan tim menemui salah seorang warga disabilitas yang hanya mempunyai satu kaki.

Di samping dirinya enggan pergi ke balai desa atau puskesmas untuk mendapatkan vaksinasi lantaran tidak mampu untuk berjalan, dia juga enggan divaksin lantaran termakan oleh kabar burung terkait vaksinasi Covid-19.

Petugas yang datang pun berusaha memberikan pengarahan dan edukasi kepada warga bernama Sumista tersebut, bahwa vaksin aman dan membuat sehat. Akhirnya, orang tersebut pun mau divaksin.

"Kita kasih pengarahan bahwa vaksin aman, karena masih ada beberapa yang merasa khawatir dan bikin takut," jelasnya, Rabu (24/11/2021).

Encep menjelaskan, vaksinasi door to door ini dilakukan, karena hingga saat ini jumlah orang yang datang ke tempat vaksinasi, seperti balai desa dan puskesmas, semakin berkurang.

Selain sudah banyaknya yang sudah menjalani vaksinasi, namun ada juga masyarakat yang tidak mampu untuk datang akibat kekurangan fisik. Sehingga, petugas pun langsung jemput bola kepada masyarakat, agar bisa menjalani vaksinasi Covid-19.

Selain itu, juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak termakan hoaks seputar vaksinasi. "Kita datangi dan berikan pendekatan agar masyarakat mau divaksin," ujarnya.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES