Peristiwa Daerah

Tekan Aksi Balap Liar, Satlantas Polres Blitar Pasang Garis Kejut di Jalan Gunung Betet

Rabu, 24 November 2021 - 17:04 | 34.34k
Satlantas Polres Blitar memasang pita penggaduh atau garis kejut di jalan wilayah Gunung Betet Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar Jawa Timur, Rabu (24/11/2021). (Foto: Humas Polres Blitar)
Satlantas Polres Blitar memasang pita penggaduh atau garis kejut di jalan wilayah Gunung Betet Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar Jawa Timur, Rabu (24/11/2021). (Foto: Humas Polres Blitar)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Operasi Zebra Semeru dimanfaatkan oleh Satlantas Polres Blitar untuk memasang pita penggaduh atau garis kejut di jalan wilayah Gunung Betet Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar Jawa Timur, Rabu (24/11/2021).

Hal itu karena jalan tersebut sering dipakai untuk aksi balap liar oleh warga saat malam hari. Oleh karena itu, pemasangan garis kejut dalam rangka menekan angka kecelakaan dan balap liar. 

"Satlantas memasang pita penggaduh atau garis kejut bertujuan untuk memberikan peringatan kepada pengguna jalan agar lebih berhati," kata Kasatlantas Polres Blitar, AKP I Putu Angga Feriyana.

Menurut I Putu, Satlantas Polres Blitar telah beberapa kali membubarkan balap liar di Jalanan Gunung Betet tersebut. Bahkan menurutnya, pernah terjadi kecelakaan Lalu lintas yang mengakibatkan 1 orang meninggal dunia.

"Satlantas memasang dua titik pita kejut di tengah jalur lurus yang biasa dipakai aksi balap liar," tambahnya.

I Putu berharap, pita kejut tersebut dapat mengurangi kecelakaan dan mencegah kgiatan balapan liar yang melibatkan anak muda di daerah Gunung Betet. Polisi pun akan menindak tegas bilamana masih ada aksi balap liar di jalan yang menghubungkan Kecamatan Sutojayan dengan Kecamatan Kademangan itu.

"Hal ini termasuk kegiatan preemtif atau pencegahan dalam Operasi Zebra Semeru semoga dengan adanya pita kejut keamanan dan keselamatan berlalu lintas di daerah tersebut bisa terwujud," tegasnya.

Pelaksanaan kegiatan Oprasi Zebra Semeru 2021 berlangsung selama 14 hari yakni mulai 15 -18 November 2021.

Adapun sasaran Operasi Zebra Semeru selain mengurangi angka kecelakaan, adalah fokus pada masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan, masyarakat tidak mematuhi peraturan lalulintas dan perlengkapan dalam berkendara serta pengurangan mobilitas masyarakat menjelang hari raya natal dan tahun baru. 

"Opera Zebra Semeru juga dalam rangka pelaksanaan Kamtibcarlantas dengan mengedepankan edukatif dan persuasif guna menekan angka kecelakaan di wilayah Kabupaten Blitar," terang Kasatlantas Polres Blitar, AKP I Putu Angga Feriyana.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES