Indonesia Positif

DPRD Sidoarjo akan Perjuangkan Nasib Guru Honorer

Rabu, 24 November 2021 - 17:12 | 58.44k
Wakil Ketua DPRD Sidoarjo Bambang Riyoko (FOTO: Dokumen pribadi Bambang Riyoko for TIMES Indonesia)
Wakil Ketua DPRD Sidoarjo Bambang Riyoko (FOTO: Dokumen pribadi Bambang Riyoko for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Wakil Ketua DPRD Sidoarjo Bambang Riyoko menyatakan siap untuk memperjuangkan nasib guru honorer dan para tenaga pendidikan honorer di Hari Guru Nasional (HGN) 2021.

Politisi fraksi PDIP ini mengatakan, kontribusi pengabdian guru dan tenaga kependidikan honorer sangat besar bagi pengembangan Sumber Daya Manusia. Sayangnya, selama ini masih banyak guru dan tenaga kependidikan honorer yang mendapat upah jauh dari standar.

"Kami sangat prihatin masalah ini, karena kami punya semangat yang sama untuk membantu nasib guru dan tenaga kependidikan honorer. Nanti insyaallah akan kita bentuk Panitia Khusus (Pansus) Guru dan Tenaga Kependidikan Honorer," kata Bambang Riyono kepada TIMES Indonesia, Rabu (24/11/2021)

Bambang menambahkan jika perjuangan para guru terutama honorer patut dihargai karena dengan upah yang sangat minim tenaga pendidik itu masih bisa menjaga semangatnya dalam memberantas kebodohan.

"Kami akan perjuangkan nasib para guru honorer ini. Sebelumnya juga pak Bupati menyampaikan kepada Dinas Pendidikan untuk memperhatikan nasib mereka, tentu para GTT itu sudah berjasa terhadap kemajuan pendidikan di Kabupaten Sidoarjo," paparnya

Bambang Riyoko juga akan meminta BKD terus memprioritaskan penyerapan tenaga honorer menjadi PPPK.

"Pemkab Sidoarjo wajib memperhatikan nasib pegawai kontrak karena mereka sudah mengabdikan diri untuk Sidoarjo," tegasnya

Sementara itu, Yhan Hidayat perwakilan paguyuban forum guru tidak tetap (GTT) mengatakan kualitas guru berdampak langsung terhadap mutu pendidikan dan output dari dunia pendidikan itu sendiri.

Perbaikan kualitas guru pun perlu ditingkatkan melalui berbagai cara misalnya mempermudah syarat untuk sertifikasi atau beasiswa untuk para guru honorer dan kesejahteraan guru itu sendiri.

"Pemberian gaji yang layak. Perbaikan gaji guru honorer juga menjadi penting jika hal itu menjadi bagian dari perbaikan mutu pendidikan," harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES