Ekonomi

Ribuan PNS Bakal Terima Bansos, Dinsos Cirebon: Akan Dicek Kembali

Rabu, 24 November 2021 - 16:49 | 82.85k
Ilustrasi ASN.(Foto: BPKSDM Kota Cirebon)
Ilustrasi ASN.(Foto: BPKSDM Kota Cirebon)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Cirebon akan terima bantuan bansos (bansos). Dinas Sosial atau Dinsos Cirebon sendiri melakukan verifikasi dan validasi (Verval) dan mencari faktualisasi pada data DTKS, yang kemudian akan ditindaklanjuti.

Dalam verval, dinsos mencatat ada sedikitnya 2.103 KK yang masuk ke DTKS. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, Iis Krisnandar mengatakan, pihaknya baru meminta data terbaru dari Pusdatim. Dimana setiap data yang masuk DTKS akan diverifikasi dan divalidasi kembali.

"Karena ini berhubungan dengan penghasilan seseorang, jadi kita cross check kembali,"ujar Iis, Rabu (24/11/2021).

Pihaknya sampai saat ini masih melakukan verval data DTKS dan mengkoordinasikan adanya temuan ASN penerima bantuan sosisal dengan instansi terkait.

Dikatakan Iis, ada beberapa ASN, BUMD, BUMN, Sekertaris, Dokter yang masuk dalam Data DTKS. Untuk itu, nama-nama yang tercantum akan di konfirmasi di tempat tinggalnya masing-masing.

Diketahui dari data yang berhasil dikumpulkan Dinsos Cirebon, jumlah DTKS yang diduga anggota ASN sebanyak 2.103 KK, pegawai BUMD 115 KK, Dokter 33 KK, anggota DPRD sebanyak 5 KK, karyawan BUMN sebanyak 603 KK, Kepala Desa 83 KK, Polri 278 KK, dan TNI 278 KK.

"Meski nama-nama ASN tersebut masuk dalam data DTKS, kami memastikan bahwa tidak seluruh nama yang tercantum sebagai penerima bantuan sosial,"jelasnya.

Oleh karenanya, pihaknya harus melakukan validasi jika memang nama-nama ini ada yang menerima bansos. Karena kata dia, data tersebut masuk melalui program Sapa Warga yang masih ada kemungkinan kesalahan pada saat melakukan enteri data.

"Jika dari hasil verifikasi dan validasi ditemukan PNS yang menerima bansos, kami minta bantuan tersebut  untuk dikembalikan kembali ke Negara," pungkas Kepala Dinsos Cirebon. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES