Pendidikan

SMKN 2 Malang Resmikan Kadoea Senior Living, Hotel Khusus Lansia

Rabu, 24 November 2021 - 16:24 | 95.00k
Peresmian hotel lansia milik SMKN 2 Malang yang bernama Kadoea Senior Living. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Peresmian hotel lansia milik SMKN 2 Malang yang bernama Kadoea Senior Living. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGSMKN 2 Malang resmi memiliki hotel khusus lansia yang bernama Kadoea Senior Living. Hotel ini melayani customer khusus dari lapangan masyarakat lanjut usia.

Sekolah kejuruan yang berada di Jalan Veteran 17, Kota Malang ini memiliki enam jurusan yakni perawatan sosial, akomodasi perhotelan, keperawatan, usaha perjalanan wisata, jasa boga dan teknik komputer jaringan.

Peresmian hotel lansia ini dihadiri langsung Plt Direktur Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) Kemendikbudristek RI Saryadi, Kepala Dinas Pendidikan Jatim Wahid Wahyudi, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Malang-Batu, dan Kepala SMKN 2 Malang Hari Mulyono, Rabu (24/11/2021).

Plt Direktur Direktorat Mitras DUDI Kemendikbudristek Saryadi mengapresiasi SMKN 2 Malang yang telah mendukung program pemerintah dalam implementasi pengembangan SMK semakin maju.

SMKN 2 Malang b

"Ini mewujudkan tujuan SMK unggulan. Tujuan utamanya bagaimana mengantarkan anak-anak memiliki kompetensi sehingga mereka memiliki optimisme menatap masa depan yang lebih baik," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wahid Wahyudi turut memberikan apresiasi. Ia menyebutkan SMKN 2 Malang satu-satunya SMK di Jawa Timur yang memiliki kompetensi keahlian pelayanan lansia. "Ini luar biasa. Masih banyak putera puteri kita yang membaktikan diri dalam pelayanan sosial," ujarnya.

Wahid mengatakan, pihaknya ingin terus mengembangkan SMK di Jawa Timur yang mampu mengantarkan siswanya bisa mandiri, memiliki kompetensi dan keahlian.

"Saya tekankan kepala sekolah punya tanggungjawab mengantarkan siswanya. Kedua, bisa mengantarkan siswa untuk berwirausaha. Apalagi sekarang eranya digital dimana dunia sudah di dalam genggaman," jelasnya.

SMKN 2 Malang c

Kepala SMKN 2 Malang Hari Mulyono menambahkan, hotel Kadoea Senior Living ini memiliki tujuan selain sektor bisnis, juga untuk teaching factory untuk peningkatan potensi peserta didik. "Kami melayani sebaik-baiknya untuk melayani para lansia," tambahnya.

Manager Hotel Kadoea Senior Living Endang Widowati menerangkan, hotel lansia ini memiliki daya tampung 10 kamar dengan rincian 9 kamar biasa, dan 1 kamar total care. "Orang membayangkan ini panti padahal bukan. Layanannya ini seperti hotel," tuturnya.

Hotel Kadoea Senior Living milik SMKN 2 Malang ini memiliki layanan pendampingan kepada lansia. Sesuai namanya, hotel khusus lansia ini tidak sekadar penginapan. Namun, pihaknya mengisi aktivitas lansia dengan pendampingan, senam, melukis, bordir dan layanan-layanan lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES