Ekonomi

UNEJ Kampus Bondowoso dan MUI Jatim Fasilitasi Sertifikasi Halal Pelaku Usaha Kopi

Rabu, 24 November 2021 - 14:37 | 57.34k
Pembinaan terhadap pelaku usaha kopi hilir di Bondowoso untuk mendapatkan sertifikasi halal (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Pembinaan terhadap pelaku usaha kopi hilir di Bondowoso untuk mendapatkan sertifikasi halal (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Universitas Jember (UNEJ) Kampus Bondowoso dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, memberikan pembinaan terhadap sejumlah pelaku usaha kopi di hilir untuk mendapatkan sertifikasi halal.

Badan  Pengembangan Industri Halal (BPIH), Dr. Moehammad Fathorrazi mengatakan, pihaknya memberikan pembinaan kepada pelaku usaha kopi.

"Sudah dilakukan di UNEJ Kampus Bondowoso kemarin itu pertemuannya," katanya saat dikonfirmasi.

Total ada 10 pelaku usaha kopi di hilir, yang akan mendapatkan fasilitasi sertifikasi halal. 

Setelah mendapatkan sertifikasi halal kata dia, selanjutnya pengusaha tersebut akan dibina oleh Pusat Inkubasi Bisnis Syariah (Pinbas) MUI Jatim.

"Sekarang yang bekerja sama dengan UNEJ adalah BIPH," jelas Koordinator Program Studi UNEJ Kampus Bondowoso tersebut.

Selanjutnya, Pinbas yang akan melanjutkan pemibinaan dalam rangka pengembangan industri hilir selanjutnya.

"Entah dibina di tingkat Jawa Timur atau di-link-kan dengan outlet Pemerintah Provinsi Jawa Timur di 27 provinsi," paparnya.

Dari sepuluh yang dibina tersebut, semuanya sedang berproses untuk mendapatkan sertifikasi halal. Sebab mereka belum melengkapi persyaratan.

Salah satunya adalah dengan mengisi formulir SJH (Sistem Jaminan Halal), mengisi semua form yang disediakan. "Kemarin pelatihannya di UNEJ," imbuhnya.

Setelah mereka terdaftar kata dia, maka nanti akan diaudit oleh tim auditor. "Sejauh ini belum ada yang dapat, cuma uang fasilitasinya sudah ada," paparnya.

Pihaknya berharap para pelaku usaha kopi hilir di Bondowoso segera memenuhi persyaratan untuk mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES