Pemerintahan

Hanya Dihadiri 29 Orang, Rapat Paripurna DPRD Pacitan Harus Ditunda

Rabu, 24 November 2021 - 12:38 | 63.45k
Tampak kursi Pimpinan DPRD Pacitan yang  masih kosong saat Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan APBD 2022. (Foto: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Tampak kursi Pimpinan DPRD Pacitan yang masih kosong saat Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan APBD 2022. (Foto: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITANRapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pacitan (DPRD Pacitan), Jawa Timur ditunda selama tiga hari karena peserta tidak memenuhi kuorum.

Ketua DPRD Pacitan, Ronny Wahyono mengatakan, rapat pengambilan keputusan Raperda APBD Tahun 2022 diwarnai dengan skors dua kali dan ditunda sampai Jumat (26/11/2021) mendatang. 

“Alhamdulillah, rapat paripurna malam ini, Selasa (23/11) telah selesai, dengan hasil ada penundaan sampai 3 hari kedepan yaitu, Jumat (26/11) jam 08.00 WIB,” katanya, Selasa (23/11/2021) malam. 

Pimpinan DPRD Pacitan bKetua DPRD Pacitan, Rony Wahyono menyampaikan alasan penundaan rapat selama tiga hari kedepan, Jumat (26/11/2021). (Foto: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia).

Penundaan rapat paripurna tersebut karena jumlah peserta belum memenuhi kuorum dan tidak sesuai dengan tata tertib persidangan DPRD.

“Jadi, karena memang belum memenuhi kuorum, sebagaimana tercantum di tata tertib persidangan DPRD harus dihadiri 2/3 anggota saat penetapan APBD, jumlah anggota ada 45, sehingga dibutuhkan 30 anggota. Tadi diumumkan yang hadir baru 29 orang," terang Ronny. 

Roni menilai hal tersebut di kalangan anggota dewan merupakan hal yang wajar. Meski demikian tetap ada dampak yang berpengaruh terhadap hasil ketetapan DPRD kedepan. 

“Saya melihat itu hal wajar, dikarenakan sebagai anggota DPRD pasti sangat sibuk. Tentu, semua ada konsekuensi dan dampak. Jika peserta rapat paripurna pada hari jumat nanti ternyata masih belum kuorum, maka rapat akan diambil alih melalui Peraturan Kepala Daerah (Perkada) dan keputusan rapat akan diserahkan kepada gubernur Jatim,” jelasnya. 

 Ronny berharap kepada para anggotanya lebih kooperatif demi tercapainya kesejahteraan masyarakat. 

"Tentu akan merugikan masyarakat Kabupaten Pacitan. Sekali lagi saya berharap kedepan anggota DPRD lebih kooperatif," ucapnya terkait penundaan rapat paripurna DPRD Pacitan hingga Jumat (26/11/2021) mendatang. 

Sebagai informasi, dari jumlah 45 anggota DPRD Pacitan dalam rapat paripurna tersebut yang hadir hanya 29 orang. Sementara 16 anggota lainnya tidak hadir dan absen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES