Pemerintahan

Dinas Arpus Nganjuk Berencana Adopsi Layanan Perpustakaan Motor Trail

Selasa, 23 November 2021 - 20:08 | 21.30k
Rombongan Dinas Arpus Nganjuk saat di perpustakaan Ngawi. (Foto: M.Miftakul/TIMES Indonesia)
Rombongan Dinas Arpus Nganjuk saat di perpustakaan Ngawi. (Foto: M.Miftakul/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, NGAWI – Sejumlah pegawai dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinas Arpus) Kabupaten Nganjuk melakukan kunjungan di Ngawi. Agenda kunjungan kali ini adalah melakukan studi tiru, pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi.

Kasubbag Program dan Evaluasi Dinas Arpus Nganjuk, Iskandar menuturkan, kunjungannya bersama rombongan bermaksud untuk menimba ilmu di Ngawi. Diantaranya mengenai hal teknis serta yang berkaitan dengan inovasi perpustakaan.

"Pertama terkait pengelolaan DAK, karena tahun 2022, kami dapat DAK dari pusat. Kami ingin belajar dari Ngawi," katanya kepada TIMES Indonesia, Selasa (23/11/2021).

Iskandar melanjutkan, pihaknya juga akan belajar mengenai tata kelola perpustakaan di Ngawi. Termasuk dengan pengaturan dan sarana prasarana di perpustakaan. Mengingat tahun depan, Dinas Arpus Nganjuk akan mendapatkan bangunan gedung baru untuk perpustakaan.

Dinas Arpus Nganjuk bKasubbag Program dan Evaluasi Dinas Arpus Nganjuk, Iskandar. (Foto: M.Miftakul/TIMES Indonesia)

"Termasuk penggunaan teknologi digital seperti disini. Kebetulan di Nganjuk sudah menerapkan, namun masih perlu jangkauan yang lebih luas lagi," katanya.

Ditanya soal inovasi dari Ngawi apa yang akan diadopsi di Nganjuk, Iskandar menjelaskan, perpustakaan Ngawi memiliki inovasi terkait layanan perpustakaan untuk daerah terpencil menggunakan motor trail.

"Kalau di Nganjuk kita menggunakan bus kecil untuk menjangkau anak-anak di daerah terpencil. Kalau di Ngawi pelayanan perpustakaan dengan motor trail, mungkin ini yang akan kita adopsi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Deposit Pengembangan dan Pengelolaan Bahan Pustaka (DPP) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi, Suyatno, menyambut baik atas kunjungan dari Nganjuk. Selain itu, pihaknya mengaku juga banyak belajar dari Nganjuk atas kunjungan tersebut.

"Kita juga banyak belajar dari Nganjuk, ada masukan untuk kita juga," ujarnya.

Suyatno mengungkapkan, salah satu inovasi Dinas Arpus Nganjuk juga akan ditiru oleh Ngawi. Yakni terkait kerja sama dengan Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI), bahwa anak-anak TK diwajibkan untuk berkunjung ke perpustakaan, dengan penjemputan armada perpusda.

"TK itu dijemput, kelebihannya itu. Kita bisa belajar dari Dinas Arpus Nganjuk terkait hal itu. Tidak ada salahnya kita ATM (Amati tiru modifikasi), untuk meningkatkan pelayanan," kata Suyatno, Kabid DPP Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES