Pendidikan UIN Malang

Internasionalisasi Ormawa, UIN Maliki Malang Bedah Rancangan Pedoman Teknis

Selasa, 23 November 2021 - 20:52 | 34.25k
Workshop tata kelola Ormawa UIN Maliki Malang di Hotel Tugu Malang. (Foto: Humas UIN Malang for TIMES Indonesia)
Workshop tata kelola Ormawa UIN Maliki Malang di Hotel Tugu Malang. (Foto: Humas UIN Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) terus menggenjot gerakan non stop internasionalisasi ORMAWA (Organisasi Kemahasiswaan).

Salah satu upayanya menggelar workshop pedoman teknis kepembinaan ORMAWA di Hotel Tugu Kota Malang selama tiga hari, 20-21 November 2021

Workshop ini membedah rancangan pedoman teknis kepembinaan dan pembehasan revisi AD/ART, KPU serta Pedoman pembinaan ORMAWA.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pembina 65 UKM/UKK, pengurus UKM dan wakil dekan bidang kemahasiswaan di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Acara ini langsung dikomando oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, turut hadir Kepala Biro AAKK, para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama di lingkungan UIN, para pengurus UKM/UKK, para pembina UKM/UKK, dan Kepala bagian kemahasiswaan dan alumni.

"Pembahasannya mencari langkah-langkah pro-aktif dalam menakar tantangan dan peluang pedoman kepembinaan teknis yang dapat menghadirkan perubahan dasar secara massif di lingkungan mahasiswa," kata Wakil Rektor 3 UIN Malang Dr Fatah Yasin.

Dalam arahannya, ia mengatakan bahwa workshop ini sangat penting agar berjalan seiring dengan roadmap UIN Maliki Malang, yakni Workshop ini seyogyanya mengubah dan menggugah gerakan terwujudnya organisasi yang mempunyai reputasi internasional.

Fatah berharap workshop ini menjadi acuan pelaksanaan kegiatan Ormawa yang dapat membuka mind set pelaku Ormawa dalam merespon perubahan dan perkembangan zaman yang bergerak dengan cepat.

"Pedoman teknis kepembinaan sebagai landasan filosofis dan landasan hukum untuk menunaikan hak maupun kewajiban  ORMAWA yang berkelas di UIN Maliki Malang," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kemahasiswaan dan alumni, Iwan Sugiarto menyampaikan bahwa sekarang ini, perubahan hampir nyaris tidak bisa terbendung ke semua lini kehidupan, termasuk di dunia pendidikan.

"Dunia pendidikan tinggi Islam mesti menjadi garda terdepan menjadi obor perubahan sedari awal," ungkapnya.

Workshop ini kata dia harus menjadi refleksi tata kelola ORMAWA yang selaras dengan roadmap UIN Maliki Malang. Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi rujukan ekosistem dalam rangka menggerakkan mahasiswa untuk mengukir sejarah menuju Go International.

“Bagi pengurus ORMAWA UIN Maliki Malang, wajah organisasi hari ini menjadi cermin masa depanmu. Mari bermimpi dan bergerak menjadi mahasiswa yang bereputasi," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES