Pemerintahan

Jadi Narasumber Best Practice Kemendagri, Ini yang Disampaikan Bupati Malang Abah Sanusi

Selasa, 23 November 2021 - 20:25 | 65.82k
Bupati Malang Abah Sanusi ketika menjadi Narasumber Best Practice Kemendagri. (FOTO: Bagian Prokopim Kabupaten Malang for TIMES Indonesia)
Bupati Malang Abah Sanusi ketika menjadi Narasumber Best Practice Kemendagri. (FOTO: Bagian Prokopim Kabupaten Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGBupati Malang Abah Sanusi menjadi narasumber pada materi Best Practice Inovasi Daerah yang diselenggarakan Kemendagri di Harris Hotel Tebet Jakarta, Selasa (23/11/2021).

Dalam pemaparannya, orang nomor satu di Pemkab Malang tersebut menyampaikan berbagai inovasi yang telah sukses diterapkan di Kabupaten Malang. Berbagai inovasi itu untuk meningkatkan pelayanan publik.

Selama dua jam, Bupati Malang memaparkan berbagai strategi dan inovasi Pemkab Malang yang sukses diterapkan di Kabupaten Malang. Peserta dalam Best Practice tersebut adalah 25 orang Balitbang dari berbagai daerah.

Abah-Sanusi-4.jpgBupati Malang Abah Sanusi ketika menjadi Narasumber Best Practice Kemendagri. (FOTO: Bagian Prokopim Kabupaten Malang for TIMES Indonesia)

Salah satu yang ditekankan untuk meraih kesuksesan menerapkan strategi dan inovasi tersebut, kata Bupati Malang adalah menjalankan dan menggunakan prinsip Kerja 5K. Yaitu, Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas, Kerja Tuntas dan Kerja Prestasi.

Dalam paparannya, Bupati Malang menjelaskan, dalam menerapkan prinsip 5K tidak bisa lepas dari gotong royong dan kekompakan seluruh pihak.

‘’Penerapan Prinsip 5K ini juga didukung gotong royong dan kekompakkan dari seluruh stakeholder mulai dari Pemerintah Pusat sampai Pemerintah Tingkat Desa," kata Bupati Malang Abah Sanusi pada Best Practice Kemendagri.

Lebih lanjut dia mengatakan, pentingnya mendapatkan dukungan dari berbagai pihak terkait dalam upaya melakukan inovasi maupun terobosan terbaru.

"Sebab, sebagus apapun inovasi yang digagas Pemerintah, apabila tidak ada dukungan dari masyarakat dalam pelaksanaan, sangat kecil kesempatan untuk sukses dalam penerapanya," kata Politisi PDI Perjuangan Kabupaten.

Dia juga memberikan pesan kepada seluruh peserta, demi kesuksesan menjalankan berbagai inovasi yang dilakukan Balitbangda di daerahnya masing-masing.

‘’Untuk sukses menjalankan segala strategi dan inovasi, jangan pernah berfikir memiliki pesaing. Selain itu, seluruhnya agar lebih mengutamakan kolaborasi dan harus responsif pada peluang sekecil apapun,” ucap Bupati Malang Abah Sanusi dalam Best Practice Kemendagri. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES