Peristiwa Nasional

PBNU Akan Perjuangkan Gus Dur Jadi Pahlawan Nasional

Selasa, 23 November 2021 - 17:00 | 75.41k
Gus Dur saat masih hidupnya dengan Presiden RI Jokowi. (FOTO: dok Gus Durian)
Gus Dur saat masih hidupnya dengan Presiden RI Jokowi. (FOTO: dok Gus Durian)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj mengaku bangga karena Pendiri Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) NU Usmar Ismail mendapatkan anugerah gelar pahlawan nasional, pada 10 November 2021 lalu. Menurutnya, setelah ini Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid) juga akan diusulkan.

Sebelumnya, Usmar Ismail memperoleh gelar pahlawan nasional itu menyusul para tokoh NU yang juga sudah bergelar pahlawan nasional. Mereka di antaranya Hadratussyekh Kiai Hasyim Asy’ari, Kiai Abdul Wahid Hasyim, Kiai Wahab Chasbullah, Kiai Idham Chalid dan Kiai As’ad Syamsul Arifin.

"Ke depan, mari kita upayakan dan perjuangkan, khususnya untuk Almarhum Gus Dur agar beliau mendapatkan gelar pahlawan nasional," kata Said dalam Malam Tasyakuran Anugerah Pahlawan Nasional Usmar Ismail bertajuk NU dan Jalan Kebudayaan, di Gedung PBNU Jakarta dikutip Selasa (23/11/2021).

Menurutnya, Presiden RI ke-4 itu sangat layak jadi pahlawan Nasional. Seharusnya lanjut dia, bangsa ini berterima kasih kepada Gus Dur sebagai tumbal demokrasi selama 32 tahun ketika pemerintahan otoriter dan tidak demokratis.

Diketahui, tepat di Hari Pahlawan kemarin, empat tokoh bangsa mendapatkan anugerah gelar Pahlawan Nasional. Hal itu disampaikan Presiden RI Jokowi di Istana Merdeka.

"Mereka semua telah berpulang, tapi jasa-jasa mereka dalam perjuangan merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan, serta mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa tetap kita kenang," kata Jokowi.

Mereka adalah almarhum Tombolotutu dari Sulawesi Tengah, almarhum Sultan Aji Muhammad Idris dari Kalimantan Timur, almarhum Usmar Ismail dari DKI Jakarta, dan almarhum Raden Aria Wangsakara dari Banten. Dan kini PBNU juga akan mengusulkan nama Gus Dur sebagai pahlawan Nasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES