News Commerce Indonesia Bangkit

Digelar Luring, UKK di SMK Muhammadiyah Mlati Yogyakarta Gandeng Bengkel Yamaha

Senin, 22 November 2021 - 08:12 | 46.23k
Siswa kelas XII jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Muhammadiyah Mlati melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian di salah satu bengkel Yamaha Yogyakarta. (Foto: SMK Muhammadiyah Mlati for TIMES Indonesia)
Siswa kelas XII jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Muhammadiyah Mlati melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian di salah satu bengkel Yamaha Yogyakarta. (Foto: SMK Muhammadiyah Mlati for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, SLEMAN – Pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) tahun ajaran 2020/2021 di SMK Muhammadiyah Mlati Yogyakarta berjalan lancar. Ujian kompetensi untuk kelas XII jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) ini dilaksanakan Mei 2021 dengan menggandeng bengkel Yamaha.

Kepala SMK Muhammadiyah Mlati Sumpono SAg mengatakan, UKK dilaksanakan dengan menggunakan luring atau tatap muka untuk menghindari kerumunan.

“UKK dimulai bulan Mei 2021 yaitu sesi pengujian secara eksternal. Yang menjadi penguji UKK secara eksternal adalah tim dari Du/Di (dunia usaha/dunia industri). Dan Du/Di yang terlibat untuk tahun ini dari bengkel Yamaha,” kata Sumpono, Senin (22/11/2021).

Meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19, Sumpono mengatakan, teknis pelaksanaan UKK tetap menerapkan protokol kesehatan. UKK dilaksanakan  sebagai bahan evaluasi terhadap kemampuan kompetensi keahlian dari masing-masing siswa. Juga, sebagai bekal akan kemampuan siswa-siswi nanti menghadapi kesiapan di dunia kerja.

Menurut Sumpono, antusiasme siswa-siswi SMK Muhammadiyah Mlati menjalani UKK menjadi sebuah nilai tersendiri. Meski masa pandemi Covid-19 tidak menjadikan dilema terhadap kewajiban peserta didik atas menilai kemampuan kompetensinya pada bidang masing-masing keahlian.

Selain itu, lanjut dia, kewajiban sebagai seorang pelajar ditaati dengan penuh tanggung jawab karena hal ini juga bagian dari sebuah semangat dalam menggapai sebuah prestasi.

“Semoga apa yang telah dilaksanakan siswa-siswi, mendapatkan nilai-nilai terbaik sesuai apa yang diharapkan. Serta apa yang mereka cita-citakan dapat tercapai dengan kerja keras yang mereka lakukan,” harap Sumpono.

Sumpono juga mengapresiasi kepada semua guru produktif sebagai penyelenggara kegiatan sehingga UKK dapat berjalan lancar.

Sementara itu, Ketua Program Kejuruan TBSM Yuwanto SPd mengatakan, UKK merupakan sarat mutlak yang harus ditempuh siswa untuk meraih kelulusan.

Wakil Urusan Sarana Pasarana Wasana SPd menambahkan, pihaknya siap menyediakan kelengkapan ujian kompetensi di  SMK Muhammadiyah Mlati Yogyakarta. “Tentunya juga dengan dukungan bendahara,”  kata Wasana. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES