Politik

Banjir Dukungan, Seberapa Besar Peluang Anies Baswedan Menangi Pilpres 2024?

Selasa, 23 November 2021 - 14:41 | 36.30k
Banjir Dukungan, Seberapa Besar Peluang Anies Baswedan Menangi Pilpres 2024?
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (FOTO: Pemrov DKI Jakarta)
Pewarta: | Editor: Ronny Wicaksono

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 masih terbilang cukup lama. Namun, ingar-bingar politik sudah mulai mengemuka, seiring munculnya nama-nama potensial yang dirilis berbagai lembaga survei. Salah satunya ada Anies Baswedan.

Gubernur DKI Jakarta itu digadang-gadang bakal menjadi salah satu figur calon presiden unggulan penerus Joko Widodo (Jokowi). Namanya senantiasa konsisten masuk 3 besar kandidat yang diprediksi akan memenangkan kontestasi elektoral pada Pilpres 2024 mendatang.

Menariknya, elektabilitas Anies yang menjanjikan ini disertai dengan dukungan masyarakat, mulai dari ujung barat hingga timur Indonesia. Misalnya yang terbaru, dukungan masyarakat Jawa Barat (Jabar) yang diwakili kelompok relawan yang tergabung dalam Bersama Anies Kami Siap (Beraksi). 

Terdiri dari berbagai latar belakang dan usia, mulai dari bidang pertanian, peternak, UMKM, ekonomi kreatif, buruh, wanita hingga milenial, relawan 'Beraksi' memiliki pandangan tersendiri tentang Gubernur Anies. 

Di mata mereka, Gubernur Anies merupakan figur pemimpin berintegritas yang dimiliki Indonesia saat ini. Kepemimpinannya di Jakarta mampu menghadirkan kesetaraan antar warga Ibu Kota.

Selain itu, rekam jejak kepemimpinan Gubernur Anies yang bersih dan peduli terhadap sektor utama pembangunan Indonesia, yaitu pertanian dan usaha mikro, kecil menengah juga menjadi dasar dukungan warga Jabar.

"Tentu kami sangat mengapresisi langkah Anies kemarin, yang menjadikan aspirasi kaum buruh prioritas untuk disinergiskan dalam proses-proses pembangunan," ucap Ketua Koordinator Pusat 'Beraksi' Yoesoep kepada TIMES Indonesia, Senin (22/11/2021). 

Pria kelahiran Tanah Sunda itu mengaku kagum, melihat Gubernur Anies yang berbaur dan menyerap aspirasi kaum buruh di depan Balai Kota, Jakarta, Kamis, 18 November 2021 kemarin.

Kala itu, ratusan buruh yang tergabung dalam Forum Serikat Pekerja Logam Elektronik Mesin (FPS LEM SPSI) itu melakukan aksi demonstrasi kenaikan upah minimum provinsi (UMP) sebesar 3,57 persen.

"Langkah Gubernur DKI menemui kaum buruh sangat tepat karena salah satu penopang dari pondasi ekonomi Indonesia adalah kaum buruh selain pertanian," ungkap Yoesoep.

Dikatakan, Gubernur Anies sejauh ini concern terhadap isu-isu yang menyangkut buruh, khsususnya masalah kesejahteraan. Program-program kerjanya juga dirasakan langsung manfaatnya oleh kaum buruh di Ibu Kota.

Banjir Dukungan, Seberapa Besar Peluang Anies?

Selain relawan ‘Beraksi’, dukungan terhadap Anies maju di Pilpres 2024 sendiri sudah berlangsung sejak beberapa bulan belakangan. Diawali dari deklarasi relawan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) pada Rabu (20/10/2021) hingga deklarasi relawan Simpul Anies Presiden 2024-2029 atau S1AP_Indonesia pada Senin (8/11/2021).

Gelombang dukungan terhadap Anies ini mendapat respons sejumlah pengamat politik. Salah satunya, Ujang Komarudin yang menilai, dukungan demi dukungan itu mengindikasikan bahwa Sang Gubernur mendapatkan tempat tersendiri di masyarakat Indonesia.

"Jika dilihat dari elektabilitasnya dan dilihat dari banyak dukungan dari relawan-relawan, Anies kelihatannya mendapat tempat tersendiri dari rakyat," ucap Ujang kepada TIMES Indonesia, Kamis (11/11/2021).

Pengamatan Ujang, maraknya dukungan terhadap Anies pada Pilpres 2024 mendatang sangat realistis. Sebab, figur Gubernur Jakarta itu tak hanya memiliki modal kecerdasan dan kecakapan dalam memimpin, tapi juga memiliki modal elektabilitas untuk memenangkan pertarungan.

Senada, pendiri lembaga survei SMRC, Saiful Mujani juga memprediksi Gubernur Anies memiliki peluang besar memenangkan Pilpres 2024. Kata dia, peluang kemenangan itu kian besar, bila PDI Perjuangan tidak mencalonkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo karena menginginkan pasangan Puan Maharani dan Prabowo Subianto.

"Golkar mungkin memasangkan Airlangga dengan Anies, dan partai-partai lain mungkin akan mendukung Anies-Airlangga melawan Prabowo-Puan: PDIP-Gerindra vs the rest," ucapnya dikutip TIMES Indonesia, Selasa (23/11/2021). 

Saiful Mujani menilai, jika pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani vs Anies Baswedan-Airlangga, atau Ridwan Kamil, Khofifah atau Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), maka peluang Anies memangankan kontestasi politik 5 tahunan itu sangat besar.

"Maka yang menentukan kemudian adalah apakah PDIP akan tetap dukung Prabowo lawan Anies, karena ingin Puan jadi Wapres Prabowo padahal Prabowo akan kalah sama Anies sehingga target Puan tak tercapai?" beber Saiful Mujani.

Hasil Survei Capres 2024

Seperti dujelaskan di awal, bahwa nama Gubernur Anies selalu masuk tiga besar hasil survei sejumlah lembaga. Misalnya, survei SMRC yang dirilis Sabtu, 9 Oktober 2021, Anies berada di posisi 3 dengan elektabilitas sebesar 11,1 persen.

Sementara di posisi pertama ditempati Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subiato dengan tingkat keterpilihan sebesar 18,1 persen, disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang mendapat dukungan 15,8 persen.

Berdasarkan simulasi tertutup 15 nama, elektabilitas Gubernur Anies sebesar 14,3 persen. Dalam survei yang sama, orang nomor 1 di DKI Jakarta itu mencatatkan tingkat elektabilitas sebesar 16,1 persen dalam simulasi tertutup 8 nama.

Adapun dalam simulasi tiga nama, Anies tercatat memiliki elektabilitas 25 persen. Sedabgkan, Prabowo tetap berada di posisi teratas dengan elektabilitas 30,8 persen, unggul tipis di atas Ganjar yang elektabilitasnya 29,3 persen.

Sementara hasil survei Indonesia Political Opinion, Gubernur Anies berada di posisi pertama dengan elektabilitas 18,7 persen, disusul Ganjar dengan elektabilitas 16,5 persen di peringkat kedua. Di peringkat ketiga ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan elektabilitas 13,5 persen.

Sedangkan, Prabowo berada di peringkat kelima dengan elektabilitas 7,8 perseen, kala atas Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang memiliki elektabilitas 9,9 persen di posisi keempat dalam survei yang dirilis Indonesia Political Opinion (IPO) pada 14 Agustus.

Adapun hasil survei Charta Politika menempatkan Anies di posisi tiga dengan elektabilitas sebesar 14,6 persen. Kalah tipis atas Prabowo yang berada di posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 14,8 persen.

Adapun pada posisi puncak berdasarkan survei Charta Politika yang dirilis 12 Agustus itu ditempatkan Ganjar Pranowo dengan elektabilitas sebesar 16,2 persen.

Hasil survei terbaru lainnya dirilis Indostrategic. Hasil survei yang dirilis pada 3 Agustus 2021 itu menunjukkan bahwa Gubernur Anies berada di posisi dua dengan elektabilitas sebesar 17 persen, kalah tipis atas Prabowo yang memiki elektabilitas sebesar 17,5 persen. Adapun Ganjar di posisi tiga yang hanya memiliki elektablitas 8,1 persen.

Klaim Tetap Fokus Benahi Jakarta

Dukungan agar Guberur Anies maju pada Pilpres 2024 terus mengalir. Namun kesaksian Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyebutkan, jika Sang Gubernur tidak pernah membahas soal pemilihan presiden dan tak terpengaruh oleh dukungan dari beragam masyarakat tersebut.

"Pak Anies sejauh yang saya tahu, tidak pernah membahas soal pilpres karena masih 2024. Saya kira semua sekarang fokus melaksanakan tugas masing-masing," kata Riza Patria di Balai Kota Jakarta dikutip TIMES Indonesia, Selasa (23/11/2021). 

Kata Ariza, adanya kelompok masyarakat yang mendeklarasikan Anies Baswedan merupakan hak warga negara untuk berdemokrasi.

Gubernur Anies Baswedan sendiri juga tak banyak merespons soal dukungan itu. Dia menyebut Pilpres 2024 masih lama dan hanya ingin fokus membenahi DKI Jakarta di sisa masa jabatannya yang tinggal setahun lagi. (*)



Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

EKORAN

TERBARU

  • Capture a Picturesque View at Banyu Tibo Beach Pacitan
    Capture a Picturesque View at Banyu Tibo Beach Pacitan
    06/12/2021 - 03:29
  • Check the Health Benefit of This Amazing Herbal Essential Oil Has
    Check the Health Benefit of This Amazing Herbal Essential Oil Has
    06/12/2021 - 01:26
  • Pemerintah Qatar Teken MoU dengan PBNU untuk Bangun 100 Masjid dan 10 RS di Indonesia
    Pemerintah Qatar Teken MoU dengan PBNU untuk Bangun 100 Masjid dan 10 RS di Indonesia
    06/12/2021 - 00:30
  • Syarief Hasan Dukung Jadwal Pilpres 2024 dari KPU RI
    Syarief Hasan Dukung Jadwal Pilpres 2024 dari KPU RI
    05/12/2021 - 23:40
  • Mudahkan Akses Informasi, Ini Terobosan Pemkot Madiun
    Mudahkan Akses Informasi, Ini Terobosan Pemkot Madiun
    05/12/2021 - 23:27

TIMES TV

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

05/11/2021 - 09:44

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis
Profesor Kopi : Malang Gudangnya Kopi Robusta

Profesor Kopi : Malang Gudangnya Kopi Robusta

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Abad ke-2 Nahdlatul Ulama dan Penguatan Ekosistem Teknologi
    Abad ke-2 Nahdlatul Ulama dan Penguatan Ekosistem Teknologi
    05/12/2021 - 18:37
  • Calon Alternatif Solusi di Muktamar ke-34 NU di Lampung
    Calon Alternatif Solusi di Muktamar ke-34 NU di Lampung
    04/12/2021 - 17:12
  • Paradigma Kurikulum Baru
    Paradigma Kurikulum Baru
    04/12/2021 - 11:07
  • Urgensi Media Sebagai Sarana Publikasi dan Informasi Pemerintah Daerah
    Urgensi Media Sebagai Sarana Publikasi dan Informasi Pemerintah Daerah
    03/12/2021 - 19:35
  • Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Akhir Tahun 2021
    Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Akhir Tahun 2021
    03/12/2021 - 18:14
  • Panggung Sandiwara Undang-Undang Inkonstitusional
    Panggung Sandiwara Undang-Undang Inkonstitusional
    03/12/2021 - 12:12
  • Kepemimpinan Masa Depan: Generasi Tangguh dan Bertumbuh
    Kepemimpinan Masa Depan: Generasi Tangguh dan Bertumbuh
    03/12/2021 - 11:33
  • Pilkada 2024: Polemik Masa Jabatan Kepala Daerah
    Pilkada 2024: Polemik Masa Jabatan Kepala Daerah
    03/12/2021 - 10:29

KULINER

  • Makanan Lezat dan Konsep No Waste, Bikin Ketagihan Nongkrong di The G Flavours
    Makanan Lezat dan Konsep No Waste, Bikin Ketagihan Nongkrong di The G Flavours
    05/12/2021 - 13:12
  • Batu Street Food Hadir Lagi di Kota Batu
    Batu Street Food Hadir Lagi di Kota Batu
    04/12/2021 - 21:06
  • Lezat Gurih Almond Tart Abon Lapis Kukus Pahlawan
    Lezat Gurih Almond Tart Abon Lapis Kukus Pahlawan
    04/12/2021 - 16:22
  • Selain Ayam Taliwang, Gastronomi NTB Punya Singang dan Olahan Ikan Napoleon
    Selain Ayam Taliwang, Gastronomi NTB Punya Singang dan Olahan Ikan Napoleon
    04/12/2021 - 15:21
  • Tjingkir Songo Mojokerto, Kedai Makan yang Usung Konsep Kuliner Ala Jawa
    Tjingkir Songo Mojokerto, Kedai Makan yang Usung Konsep Kuliner Ala Jawa
    04/12/2021 - 03:22