Pemerintahan

Kadis Pertanian Morotai Berharap Ketua HKTI Bantu Penuhi Kebutuhan Petani

Selasa, 23 November 2021 - 13:21 | 75.36k
Kepala Dinas Pertanian Pulau Morotai, Anwar Husen, saat dikonfirmasi diruang kerjanya. (Foto: Mun For TIMES Indonesia).
Kepala Dinas Pertanian Pulau Morotai, Anwar Husen, saat dikonfirmasi diruang kerjanya. (Foto: Mun For TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MOROTAI – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten  Pulau Morotai, Maluku Utara, Anwar Husein berharap agar keluhan para petani segera dapat direalisasikan oleh Ketua HKTI Moeldoko.

Sebelumnya, Moeldoko melakukan kunjungan kerja ke Morotai dan mendengarkan keluhan para petani di sana.

"Soal kebutuhan para petani yang disampaikan dalam dialog dengan Ketua HKTI Moeldoko merupakan kebutuhan yang sudah disampaikan proposalnya dikementrian terkait hanya belum direalisasi," ungkapnya.

Kadispertan Morotai berharap, melalui dialog, Moeldoko sebagai Ketua HKTI dapat menjembatani kebutuhan petani Morotai dengan Kementrian terkait demi menunjang produktivitas petani. Selama ini, petani terkendala dengan sarana pertanian yang belum memadai.

Sebagai bentuk keseriusan, Dinas Pertanian bakal mengusulkan kembali soal kebutuhan petani padi dan holtikultura di Morotai dalam bentuk proposal untuk diberikan kepada Moeldoko secara langsung maupun melalui e-proposal.

Putra kelahiran Kota Tidore ini menyebutkan, kebutuhan petani Morotai dari sisi Alsintan atau Alat dan Mesin Pertanian yaitu Hand Traktor dan Mesin Kultivator untuk penggarapan lahan Hortikuktura.

"Karena Dinas Pertanian saat ini hanya memiliki 4 unit hand traktor untuk menggarap sawa sekaligus digunakan pembuatan lahan petani hortikultura," ucapnya.

Kadispertan menambahkan, sejak November 2020, luas lahan pertanian Hortikultura telah bertambah, hingga saat ini telah mencapai 19 hektar yang tersebar di desa-desa.

Demikian juga jumlah petani yang terdata pada Dinas Pertanian Morotai sampai pada tahun 2021 sebanyak 227 petani. Sekaligus pendamping untuk petani Cabai, Bawang dan Tomat.

"Keinginan Bupati agar Morotai bisa menjadi Kabupaten penyuplai cabai dan tomat bagi Kabupaten tetangga dapat diwujudkan, bila kebutuhan Alsintan bagi petani dapat dipenuhi. Karena struktur tanah di Morotai agak kering dan tandus maka membutuhkan tenaga mesin untuk penggarapannya," terang Kadis Pertanian Morotai, Anwar Husen.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES