Politik

Wapres RI Ajak Seluruh Pihak Kerja Sama Percepat Perbaikan Gizi di Indonesia

Selasa, 23 November 2021 - 13:16 | 55.18k
Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Dok. Setwapres)
Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Dok. Setwapres)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres RI) KH Ma'ruf Amin meminta seluruh pihak, termasuk kementerian dan lembaga dan pemerintah daerah, untuk meningkatkan kolaborasi dan kerja sama lintas sektor untuk mempercepat perbaikan gizi di Indonesia.

"Kerja kolaboratif lintas sektoral adalah kunci untuk mencapai keberhasilan dalam agenda pembangunan. Oleh karena itu, kerja cerdas dan kolaboratif dari kita semua harus terus ditingkatkan," ucap Wapres di acara Scalling Up Nutrition (SUN) Annual Meeting 2021, Selasa (23/11/2021).

Wapres juga mendorong agar para mitra pembangunan, seperti akademisi, organisasi profesi, kelompok bisnis dan dunia usaha, termasuk organisasi kemasyarakatan untuk dapat memberikan rekomendasi kebijakan dengan berdasarkan bukti konkret.

"Saya mendorong agar mitra pembangunan dapat memberikan rekomendasi kebijakan berbasis bukti, serta memberikan pembelajaran praktik baik," tuturnya.

Sementara kepada para akademisi dan berbagai organisasi profesi terkait, Wapres meminta kelompok cendekiawan tersebut dapat menjaga kualitas intervensi dengan meningkatkan riset dan kajian.

Berbagai ormas juga diharapkan memberikan penguatan kapasitas, dukungan teknis serta pendampingan pelaksanaan program di lapangan kepada masyarakat.

"Akademisi dan organisasi profesi dapat menjaga kualitas intervensi dengan kajian, penelitian ilmiah, dan pendampingan masyarakat," tambahnya.

Selain itu, khusus kepada kelompok bisnis dan dunia usaha, Wapres meminta untuk lebih banyak menghasilkan produk terkait perbaikan gizi dan meningkatkan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).

"Kelompok bisnis dan dunia usaha dapat mendorong upaya perbaikan gizi melalui produk yang dihasilkan, corporate social responsibility (CSR), maupun lingkungan kerja," tegasnya.

Oleh karena itu, Wapres RI KH Ma'ruf Amin berharap perbaikan gizi Indonesia, yang telah menunjukkan perbaikan signifikan dalam 10 tahun terakhir, dapat segera terwujud dengan cita-cita Indonesia Emas 2045 pada saat perayaan 100 tahun kemerdekaan RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES