Peristiwa Internasional

Parade Natal Ditabrak Mobil, Lima Orang Tewas dan 40 Terluka di Amerika Serikat

Senin, 22 November 2021 - 18:49 | 15.44k
Tangkapan layar yang diambil dari video streaming langsung Facebook Kota Waukesha ini menunjukkan sebuah SUV merah melaju kencang melewati kerumunan parade liburan di Waukesha, Wisconsin. (FOTO :Al Jazeera/Reuters)
Tangkapan layar yang diambil dari video streaming langsung Facebook Kota Waukesha ini menunjukkan sebuah SUV merah melaju kencang melewati kerumunan parade liburan di Waukesha, Wisconsin. (FOTO :Al Jazeera/Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lima orang tewas seketika ketika sebuah mobil sengaja menabrak peserta parade Natal di negara bagian Winconsin, Amerika Serikat, Minggu (21/11/2021) petang.

Insiden di hari parade Natal yang juga diikuti oleh anak-anak itu tepatnya terjadi sekitar pukul 16:39 (22:39 GMT) pada hari Minggu di Waukesha, sekitar 32 kilometer (20 mil) barat Milwaukee.

Adegan yang awalnya menggembirakan dari marching band dan anak-anak menari dengan topi Santa dan melambaikan pompom berubah menjadi mematikan dalam sekejap, ketika SUV melaju melewati barikade dan memasuki parade.

Dilansir Al Jazeera, Walikota Waukesha, Shawn Reilly mengatakan kepada wartawan bahwa kota itu menghadapi "horor" dan tragedi dalam apa yang seharusnya menjadi perayaan komunitas.

"Saya sangat sedih mengetahui bahwa begitu banyak orang di komunitas kami pergi ke pawai tetapi berakhir dengan cedera dan sakit hati," kata Reilly.

Kepala Polisi Waukesha, Dan Thompson mengatakan, pengemudi mobil itu telah ditahan dan kendaraan yang dicurigai telah ditemukan dan diamankan.

"Sebuah SUV merah melaju ke parade Natal kami yang kami adakan di pusat kota," kata Thompson kepada wartawan. Sebelumnya, dia telah mengkonfirmasi bahwa lebih dari 20 orang telah terluka tetapi tidak dapat memberikan perkiraan jumlah orang yang tewas.

"Beberapa orang adalah anak-anak dan ada beberapa korban jiwa akibat kejadian ini," katanya.

Tidak diketahui apakah insiden itu terkait dengan terorisme, tetapi perintah perlindungan di tempat sebelumnya di kota berpenduduk sekitar 72.000 orang itu telah dicabut, tambahnya.

Sebuah video yang diposting online menunjukkan sebuah SUV merah membajak melalui pawai, tampak menabrak lebih dari selusin orang sebelum orang banyak berlari dari trotoar untuk menawarkan bantuan.

Dalam video kedua, polisi tampak melepaskan tembakan ke arah kendaraan yang menabrak pembatas jalan.

Afiliasi CBS lokal kemudian menunjukkan gambar di Twitter dari apa yang tampak sebagai SUV merah yang terlibat dengan kapnya kusut dan spatbor depan menggantung, diparkir di jalan masuk.

Jaksa Agung Josh Kaul, petugas penegak hukum tertinggi negara bagian itu, mengatakan dalam sebuah Tweet bahwa apa yang terjadi di Waukesha "memuakkan".

"Saya memiliki keyakinan bahwa mereka yang bertanggung jawab akan dibawa ke pengadilan," katanya, menyusul peristiwa mobil menabrak parade Natal di negara bagian Wisconsin, Amerika Serikat, dan menewaskan lima orang serta melukai sedikitnya 40 orang itu. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES