Pendidikan

Bersinergi untuk Negeri, Fauzul Azhim Organisator PPI Dunia Maju sebagai Calon Ketua PPI Turki

Selasa, 23 November 2021 - 13:01 | 143.07k
Fauzul Azhim bin Fakhrurazi (Foto: Dok. PPI Turki)
Fauzul Azhim bin Fakhrurazi (Foto: Dok. PPI Turki)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPI Turki 2021-2022 dalam Surat Keputusan No:33/SK/KPUPPITURKI/XI/2 telah  menetapkan calon Ketua PPI Turki Periode 2022-2023. Ada dua kandidat ketua PPI Turki periode selanjutnya. Yakni, Fauzul Azhim bin Fakhrurazi.

Nama Fauzul resmi menjadi kandidat dan mendapatkan nomor urut satu berdasarkan hasil Surat Keputusan KPU PPI Turki pada tanggal 20 November 2021. Sedang nomor dua Syawal Lm Putra.

Nama Fauzul di PPI Dunia tidaklah asing. Ia kini sedang menempuh pendidikan Master di jurusan Ilmu Politik dan Hubungan Internasional, Istanbul Sabahattin Universitesi (IZU). 

Pemuda ini berhasil melanjutkan pendidikannya dengan IZU Scholarship, beasiswa yang diberikan oleh pihak universitas. Ketertarikannya untuk melanjutkan pendidikan di Turki bermula pada tahun 2009. Di mana kondisi politik Turki saat itu sedang ramai menjadi perbincangan di Indonesia.

“Saat itu saya menyaksikan pidato yang disampaikan Presiden Recep Tayyip Erdoğan terkait isu Palestina di Forum Ekonomi Dunia berhasil menarik perhatian masyarakat secara global. Hal itu pula yang membuat saya mencari tahu lebih dalam mengenai kondisi politik Turki dan memutuskan untuk menulis skripsi tentang isu keamanan di Turki,” jelasnya. 

Pemuda berdarah minang yang berdomisili di Jakarta ini menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) jurusan Hubungan Internasional. Kemudian ia bekerja sebagai Sekretaris Biro di International Relation Office Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Pada suatu event kerjasama antara UMJ dan IZU lah yang menjadi pintu gerbang pendidikannya sekarang. 

Setelah berada di Turki, pada Oktober 2019 Fauzul ditunjuk menjadi Koordinator Public Relation (PR) pada perhelatan Simposium Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia Kawasan Amerika Eropa (PPIDK Amerop) 2020. Pada saat menjabat sebagai koordinator PR, ia berhasil menerbitkan 22 berita di berbagai media massa nasional tentang Simposium Amerika Eropa.  

Setelah itu, ia diembankan tugas untuk menjadi Kepala Divisi Akademik PPI Istanbul 2020-2021 dan berhasil mengundang Wali Kota Bogor Bima Arya untuk mengisi seminar Dialog Tokoh PPI Istanbul. Pada Februari 2020, ia diamanahi menjadi Deputi Sekretaris PCIM Turki 2020-2022 yang juga aktif dalam mengadakan agenda webinar tingkat internasional. 

Pada Agustus 2020, Fauzul dipercayai untuk memegang Kepala Bidang Relasi Media Opini Publik PPI Dunia 2020-2021. Saat ia menjabat sebagai kepala bidang, PPI Dunia berhasil menerbitkan 180 artikel di 33 media massa nasional yang memberitakan 3 kawasan dan 28 negara. 

Kinerja dan totalitasnya dalam bertugas membuatnya ditunjuk menjadi Kepala Biro Pers Media Informasi PPI Dunia 2021-2022. Kini sosoknya tak asing lagi di lingkungan organisasi mahasiswa Indonesia di seluruh dunia. 

Setelah pengalaman dan pencapaian organisasi yang ia miliki, Fauzul memutuskan untuk maju mencalonkan diri menjadi Ketua PPI Turki 2022-2023. Visi dan misinya ialah bersama menjadikan PPI Turki yang Berseri (Bermutu, dinamis, bersinegri untuk negeri), merekatkan hubungan internal PPI Turki, dan mengadakan program yang bermanfaat serta bersifat kontributif terhadap para pelajar, bangsa, dan negara. 

“Saya memiliki visi untuk bisa berkontribusi lebih terhadap bangsa dan Negara juga terhadap pada pelajar disini. Kerekatan Internal dan Eksistensi keluar adalah kunci untuk mencapai itu. Karena seperti yang kita ketahui terkait visi Indonesia Emas 2045 itu tidak akan tercapai apabila para Pemuda tidak memiliki visi serta tekad kuat yang sama untuk mencapainya,” kata Fauzul.

Diharapkan dengan berbagai bentuk dukungan terbaik dari seluruh pihak, pesta demokrasi terbesar pelajar Indonesia di Turki dapat berjalan dengan lancar dan Fauzul Azhim dapat mewujudkan PPI Turki yang Muda Berseri di periode selanjutnya. Ia akan memperebutkan ketua PPI Turki. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES