Peristiwa Nasional

KASAD TNI Dudung Abdurrahman Pimpin Upacara Pemakaman Serka Ari Baskoro

Senin, 22 November 2021 - 18:09 | 59.31k
KASAD TNI Dudung Abdurrahman, saat memimpin upacara pemakaman Serka Ari Baskoro yang gugur saat bertugas di Papua, di TPU keluarga, Senin 22/11/2021 (Foto: Zamroni/ TIMES Indonesia).
KASAD TNI Dudung Abdurrahman, saat memimpin upacara pemakaman Serka Ari Baskoro yang gugur saat bertugas di Papua, di TPU keluarga, Senin 22/11/2021 (Foto: Zamroni/ TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, KENDAL – Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurrahman, pimpin langsung upacara pemakaman Serka Ari Baskoro. Serka Ari Baskoro merupakan salah seorang anggota TNI yang telah gugur tertembak dalam kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua pada hari Sabtu 20 November 2021 kemarin.

Diketahui, Serka (Anumerta) Ari Baskoro bertugas di Koramil Suru-suru Kabupaten Yahukimo, Papua. Serka Ari Baskoro gugur setelah tertembak dalam baku tembak dengan KBB saat berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan menaiki speedboat.

Sebagai bentuk penghormatan, KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurrahman, memimpin langsung upacara pemakaman Serka (Ari Baskoro. Acara pemakaman itu berlangsung di Tempat Pemakaman Umum (TPU) keluarga di Desa Pidodo Kulon Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Senin (21/11/2021).

Dalam sambutannya, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurrahman menyampaikan bela sungkawa sebesar besarnya atas gugurnya prajurit TNI Serka (ANM) Ari Baskoro saat bertugas di Koramil Suru-suru Kabupaten Yahukimo, Papua.

upacara pemakaman Sertu Ari Baskoro a

"Kami sangat merasa kehilangan dengan gugurnya salah seorang anggota kami yang bertugas di Papua. Ini sudah kehendak yang maha kuasa, Mari kita berdoa bersama- sama semoga arwah almarhum diterima di sisinya," kata KASAD TNI.

Dia melanjutkan, untuk keluarga yang ditinggalkan dirinya berharap untuk tetap sabar dan tabah. Tidak hanya keluarga besarnya saja yang merasa kehilangan, namun semua jajaran TNI AD juga merasa kehilangan atas gugurnya Serka Ari Baskoro saat bertugas.

"Selamat jalan pahlawanku, sebagai TNI, Serka Ari Baskoro sudah menunaikan janji bakti untuk negeri," ungkapnya.

Sementara, salah seorang saudara kandung Serka Ari Baskoro, Adi Nugroho mengungkapkan bahwa awal mula dirinya mendapat kabar duka itu dari salah seorang temannya yang juga menjadi anggota TNI.

"Saya mendapat kabar pertama itu dari kawan saya yang juga menjadi anggota TNI. Kawan saya pada hari Sabtu siang sekitar jam 2 kurang 10 menit memberikan kabar ke saya kalau adik saya itu terkena masalah di Papua. Kawan saya itu tidak langsung memberikan kabar kalau adik saya meninggal, namun mengabarkan kalau adik saya ada masalah tertembak di tempat tugasnya," ungkapnya.

Kemudian, dirinya langsung memberikan kabar itu kepada keluarganya yang ada di rumah. Setelah itu keluarga saya disuruh menunggu info selanjutnya dari Kodim Kendal.

upacara pemakaman Sertu Ari Baskoro b

"Setelah sekitar jam 03:30 WIB, keluarga saya mendapat kabar dari Kodim Kendal bahwa adik saya gugur atau meninggal tertembak di tempat tugasnya," ungkapnya.

Adi menjelaskan, Serka Ari Baskoro merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara, anak pertama bernama Adi Nugroho, kedua Agung Raharjo, ketiga Serka Ari Baskoso.

"Kami sekeluarga masih syok atas gugur atau meninggalnya adik kandung saya, karena rencananya di bulan Desember 2021 nanti adik saya akan pulang," ucap Adi saat mengikuti upacara pemakaman Serka Ari Baskoro yang dipimpin oleh KASAD TNI Jendral Dudung Abdurrahman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES