Ekonomi Indonesia Bangkit

Pantang Menyerah, Pemuda di Magetan Bangkit di Tengah Pandemi dengan Beternak Kambing

Senin, 22 November 2021 - 17:15 | 40.57k
Agus Suyanto, warga Magetan yang berhasil bangkit dari dampak pandemi saat berdiri di sekitar kandang kambing. (Foto: Agus Suryanto for TIMES Indonesia)
Agus Suyanto, warga Magetan yang berhasil bangkit dari dampak pandemi saat berdiri di sekitar kandang kambing. (Foto: Agus Suryanto for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Banyak kisah warga terdampak pandemi Covid-19 yang berhasil bangkit dari keterpurukan. Satu di antaranya seperti yang dialami Agus Suyanto, warga Desa Terung, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Agus, demikian sapaan akrabnya, awalnya mengalami masa-masa terpuruk semenjak pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait aturan pembatasan kegiatan di masa pandemi Covid-19.

Kemudian pemerintah juga melakukan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19, termasuk anggaran publikasi dari instansi plat merah. Ia yang berprofesi sebagai jurnalis terpaksa harus memutar otak untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya karena pendapatan kian menurun.

"Dampak pandemi ini bagi kami sangat luar biasa, karena banyaknya anggaran dari instansi yang direfocusing untuk penanganan Covid-19. Jadi job iklan untuk kami sangat minim," ujar Agus dalam suatu kesempatan.

Tak menyerah dalam kondisi sulit itu, Agus mencari tahu mengenai cara beternak kambing. Mengingat, selama bekerja di dunia media, dirinya bertemu dengan banyak narasumber serta pengusaha sukses yang dapat dijadikan referensi untuk belajar.

Tak berselang lama, ia lalu menyiapkan kandang kambing di lahan kosong yang ada di sekitar rumah. Menurutnya, sejauh ini terdapat puluhan kambing jenis Blegon, mulai dari untuk peranakan hingga pedagang. Berkat semangatnya, kondisi perekonomian keluarga kini mulai stabil.

Beternak kambing, kata Agus, cukup mudah. Dengan beternak kambing, sedikit membantu mengatasi dampak pandemi. Pun, tidak mengganggu profesinya sebagai jurnalis.

"Perawatannya sangat mudah, jadi tidak mengganggu profesi saya. Selain dijual sebagai indukan atau pedaging. Juga bisa dibilang kambing ini cepat sekali beranak pinak," ucap Agus sembari memakai masker sesuai imbauan pemerintah terkait protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

Di samping itu, Agus berharap masa pandemi dapat segera berakhir. Agar sektor perekonomian lekas pulih serta masyarakat bisa hidup dan beraktifitas normal kembali. Dia juga berpesan kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten Magetan, agar semakin kreatif dan tidak mudah menyerah di masa sulit seperti pandemi Covid-19 ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES