Peristiwa Nasional

Cegah Gelombang Ketiga Covid-19, Pemerintah Imbau Masyarakat Tak Lengah

Senin, 22 November 2021 - 15:40 | 29.06k
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19, Sonny Harry B. Harmadi (foto: Dokumen/BNPB)
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19, Sonny Harry B. Harmadi (foto: Dokumen/BNPB)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19, Sonny Harry B. Harmadi menegaskan bahwa masyarakat tidak boleh lengah dalam menerapkan protokol kesehatan, terutama menghadapi ancaman gelombang ketiga Covid-19.

Dia meminta semua pihak agar bekerjasama dengan baik, apalagi terkait kesadaran diri untuk terhindar dari virus Corona. Dia yakin, jika kesadaran masing-masing individu terus meningkat maka pola hidup disiplin akan terjadi.

Menurut Sonny, kedepannya pemerintah RI akan terus berupaya mengendalikan COVID-19, meski tren kasus positif di Indonesia sudah melandai demi mengantisipasi potensi gelombang ketiga.

"Beberapa kalangan masyarakat berpikir bahwa pandemi sudah berakhir, padahal belum. Di dunia ini, sekarang ada yang sedang berhadapan dengan gelombang 4, gelombang 5, ditunjukkan dengan peningkatan kasus harian secara drastis. Ini membuktikan dunia belum selesai dari pandemi," kata Sonny di Jakarta, Senin (22/11/2021).

Adapun langkah-langkah yang dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi potensi gelombang ketiga COVID-19 antara lain melarang cuti atau libur bagi ASN, TNI, Polri, dan karyawan BUMN maupun swasta selama libur akhir tahun dengan menghapus cuti bersama pada 24 Desember 2021.

Kemudian, lanjut Sonny, pemerintah juga melakukan pembatasan pergerakan masyarakat, pengetatan penerapan protokol kesehatan pada kegiatan masyarakat di seluruh fasilitas publik, dan pengawasan penerapan kebijakan pendengandalian sampai ke tingkat komunitas serta pendisiplinan di lapangan secara langsung.

"Oleh karenanya, peran dan partisipasi masyarakat amat sangat penting di mana protokol kesehatan terus tetap dilaksanakan secara sadar. Masyarakat juga berpartisipasi dalam testing, tracing, dan program vaksinasi," pungkas Sonny Harry B Harmadi terkait pencegahan potensi gelombang ketiga Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES