Peristiwa Nasional

Pengamat Acungi Jempol Langkah Menteri BUMN Rombak Jajaran Direksi MIND ID

Senin, 22 November 2021 - 15:04 | 51.66k
Menteri BUMN saat mengikuti rapat kerja di Gedung DPR RI. (FOTO: dok DPR)
Menteri BUMN saat mengikuti rapat kerja di Gedung DPR RI. (FOTO: dok DPR)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – TIMESINDONESIA, JAKARTA - Pengamat BUMN, Kiki Rizki Yoctavian, menyebut perombakan jajaran direksi MIND ID sebagai respons cepat Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) Erick Thohir. Yakni atas pernyataan Presiden RI Jokowi tentang rencana pemerintah menghentikan ekspor komoditas nikel dan tambang lain dalam bentuk mentah, seperti bauksit dan tembaga.

Menteri BUMN Erick Thohir diketahui merombak jajaran direksi Holding BUMN Pertambangan, Mining Industry Indonesia (MIND ID). Orias Petrus Moedak digantikan oleh Hendi Prio Santoso yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

"Bisa jadi itu merupakan terjemahan visi dari Presiden Joko Widodo dalam konteks transformasi ekonomi pada hilirisasi nilai tambang," kata Kiki kepada wartawan, Senin 22 November 2021.

Menurutnya, setelah holding tambang dilakukan pergantian kepengurusan kini BUMN yang tergabung akan diselaraskan gerak langkahnya. Pergantian Dirut MIND ID diyakini juga sebagai langkah memperbaiki kinerja BUMN pertambangan yang selama ini kurang maksimal. Salah satunya di PT Bukit Asam Tbk.

"PT Bukit Asam Tbk selama ini belum memaksimalkan program pemberdayaan masyarakat dan reklamasi pasca tambangnya. Mungkin sudah ada programnya tetapi eksekusi dari program itu yang berjalan lambat," ucap Presidium Pena 98 itu.

Perusahaan pertambangan BUMN itu diketahui pada pekan ini ramai-ramai mengumumkan rencananya untuk melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Rencananya rapat ini seluruhnya akan dilaksanakan pada Kamis, 23 Desember 2021 mendatang.

Perusahaan yang dimaksud adalah PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan PT Timah Tbk (TINS).

Dalam keterbukaan informasi yang disampaikan oleh masing-masing perusahaan ini, disebutkan bahwa pelaksanaan RUPSLB ini merupakan permintaan dari induk usaha perusahaan, yakni PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero)/Inalum alias MIND ID yang merupakan induk usaha holding BUMN pertambangan.

Hingga saat ini ketiga emiten tambang tersebut masih belum mengajukan agenda yang akan dibahas dalam RUPSLB bulan depan. Beberapa waktu lalu, memang terjadi perombakan besar-besaran dalam manajemen Inalum, sehingga perombakan yang sama juga bisa terjadi di manajemen anak usahanya.

Pada 29 Oktober 2021 lalu Menteri BUMN memutuskan untuk merombak manajemen Inalum, mengganti Orias Petrus Moedak, digantikan posisinya oleh Hendi Prio Santoso. Penempatan Hendi di jajaran direksi MIND ID ini bersama dengan tiga direksi baru lainnya. Hendi sebelumnya juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Semen Indonesia sejak 15 September 2017. Sebelum diangkat menjadi pimpinan di Inalum, Hendi pun mengundurkan diri dari Semen Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES