Ekonomi

Upaya Pengentasan Pengangguran, Disnaker Gresik Gelar Virtual Job Fair

Senin, 22 November 2021 - 14:55 | 38.54k
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat membuka kegiatan virtual mini job fair (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat membuka kegiatan virtual mini job fair (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Upaya pengentasan pengangguran terus dilakukan. Kali ini, pemerintah daerah melalui dinas tenaga kerja atau Disnaker Gresik menggelar virtual job fair. Kegiatan itu dilaksanakan di SMK Asa'adah Bungah.

Kegiatan itu dihadiri secara langsung oleh Bupati Fandi Akhmad Yani. Dalam kesempatan ini, Bupati mengatakan mini job fair dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh pencari kerja.

"Supaya mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan fisik, ijazah dan minatnya kegiatan ini menurutnya termasuk kesempatan yang baik bagi penyedia kerja atau perusahaan untuk memilih tenaga kerja yang sesuai dengan yang perusahaan butuhkan," katanya, Senin (22/11/2021).

Fandi-Akhmad-Yani-4.jpg

Peran pemerintah, kata Gus Yani harus mampu mengharmonisasi dimana dihadapkan dengan 2 hal tantangan yakni pandemi dan ekonomi melalui Gresikpedia, yakni aplikasi berbasis android yang dikembangkan sebagai one data, one portal, dan open akses untuk masyarakat.

"Ketika membutuhkan informasi, layanan administrasi, dan pengaduan layanan publik melalui satu alamat Gresikpedia,” jelasnya. 

Bupati Yani Meminta Disnaker juga akan turun ke lokasi, jemput bola ke sekolah misalnya ke SMK. Kedepan, Disnaker bersama dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja akan melakukan sosialisasi di sekolah terutama SMK. 

"Melalui kegiatan ini akan ada konsultasi yang akhirnya akan ada rekrutmen tenaga kerja, yang tentunya kalau ini berjalan baik otomatis dapat membantu penyerapan tenaga kerja di Gresik akan berjalan sesuai harapan kita artinya mengurangi angka pengangguran," ucapnya.

Kepala Disnaker Gresik, Budi Rahardjo mengungkapkan virtual mini job fair ini mempertemukan antara pencari kerja dan masyarakat yang membutuhkan pekerjaan.

"Melalui Gresikpedia yang diinisiasi oleh Bupati Gresik, peserta dapat mengakses peluang kerja melalui aplikasi tersebut," tambahnya 

Kegiatan ini, kata Budi merupakan peluang bagi pencari kerja dan perusahaan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Menurut Budi ada sebanyak 1.100 peserta pencari kerja dengan dibagi 156 peserta per hari selama 1 Minggu kedepan. 

"Sampai saat ini yang sudah mendaftar di 8 perusahaan mencapai 72% dan sebanyak 28% warga luar Gresik. Ini sudah mencapai target sesuai yang diharapkan Bapak Bupati sebanyak 60%," tutup Kepala Disnaker Gresik menanggapi virtual mini job fair. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES