Pemerintahan

Raker ke II AKD Kabupaten Malang, Diwarnai Sosialisasi 4 Pilar MPR RI dari Ahmad Basarah

Minggu, 21 November 2021 - 21:07 | 31.79k
Suasana Raker ke II AKD Kabupaten Malang  yang diwarnai Sosialisasi 4 Pilar MPR RI dari Ahmad Basarah. (Foto : Bagian Prokopim Kabupaten Malang for TIMES Indonesia).
Suasana Raker ke II AKD Kabupaten Malang  yang diwarnai Sosialisasi 4 Pilar MPR RI dari Ahmad Basarah. (Foto : Bagian Prokopim Kabupaten Malang for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MALANG – Asosiasi Kepala Desa atau AKD Kabupaten Malang, menggelar Raker ke II di Hotel Savana, Minggu (21/11/2021). Dalam raker ini juga diberikan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI dari Ahmad Basarah.

Ahmad Basarah sebagai Wakil Ketua MPR RI ini memberikan langsung materi sosialisasi di hadapan ratusan kepala desa di Kabupaten Malang yang mengikuti Raker. Kegiatan tersebut, dibuka Bupati Malang Abah Sanusi.

Hadir dalam kesempatan itu, Anggota DPRD Jatim, Sri Untari, Wabup Malang Didik Gatot Subroto, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi dan Forkopimda Kabupaten Malang.

Dalam sambutannya Bupati Malang Abah Sanusi menjelaskan bahwa reformasi birokrasi di Indonesia telah membawa dampak perubahan yang begitu besar, termasuk adanya kebijakan desentralisasi dari pusat ke daerah.

bupati malangBupati Malang Abah Sanusi bersama Ahmad Basarah, saat Suasana Raker ke II AKD Kabupaten Malang yang diwarnai Sosialisasi 4 Pilar MPR RI dari Ahmad Basarah. (Foto : Bagian Prokopim Kabupaten Malang for TIMES Indonesia).

Lanjut dia, di lingkup Pemerintah Daerah pun, hembusan arus desentralisasi juga terus mengalir, sehingga fokus pembangunan saat ini tidak hanya berpusat pada daerah perkotaan, melainkan telah menjalar ke wilayah desa.

"Perlu disadari bahwasannya Suksesnya pembangunan di desa sangat menentukan suksesnya pembangunan di Kabupaten Malang bahkan provinsi hingga nasional," ujar Sanusi.

Lebih lanjut dia mengatakan, peranan di desa tidak boleh diremehkan. Karena dari desa perekonomian bergerak yang meliputi berbagai bidang seperti peternak dan pertanian.

"Presiden RI menyatakan membangun Indonesia dari desa. Kabupaten Malang menjadi barometernya. Buktinya, ada desa dari Kabupaten Malang yang sudah menasional yakni Desa Pujon Kidul," sebutnya.

Diapun meminta kepala desa untuk bergerak dan berinovasi menjalankan program pemerintah di masing-masing desa. Termasuk juga menerapkan semangat yang diterapkan melalui empat pilar kebangsaan.

Hal tersebut kata Abah Sanusi, disampaikan oleh Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah. "Semangat kebersamaan dan gotong royong hendaknya terus diterapkan di desa. Ini dalam rangka memajukan desa di kabupaten Malang," urainya.

"Untuk itu, perlu kita sadari pula bahwa suksesnya pembangunan di desa juga sangat menentukan kesuksesan pembangunan di Kabupaten Malang," sambung Politisi PDI Perjuangan tersebut.

Selanjutnya, Bupati Malang Abah Sanusi berharap melalui Raker ke II AKD Kabupaten Malang yang diteruskan dengan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI dari Ahmad Basarah, hendaknya juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk saling berkomunikasi, berbagi pengetahuan dan pengalaman positif dalam menjalankan roda pemerintahan desa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES