Peristiwa Internasional

Pertama di Dunia, Rusia Akan Buka Biro Media di Ruang Angkasa

Minggu, 21 November 2021 - 22:25 | 30.33k
Kosmonot Rusia Alexander Misurkin.(FOTO : The Moscow Times/NASA)
Kosmonot Rusia Alexander Misurkin.(FOTO : The Moscow Times/NASA)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – TASS, kantor berita yang dikelola pemerintah Rusia akan membuka prrwakilan biro berita permanen pertama di dunia di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

The Moscow Times melansir Kosmonot Alexander Misurkin akan mensuplai laporan rutin harian pos orbit. "Materinya tentang berbagi pengalaman langsung kehidupan di ISS," kata kepala ruang angkasa Rusia kepada TASS.

"Proyek pencerahan dan pendidikan khusus oleh Roscosmos dan TASS diharapkan bisa mempopulerkan aktivitas Rusia di luar angkasa," kata kepala Roscosmos, Dmitry Rogozin.

Misurkin akan diluncurkan ke ISS dengan ID koresponden pada 8 Desember mendatang sebagai bagian dari perjanjian bersama yang ditandatangani oleh direktur jenderal TASS Sergei Mikhailov dan Rogozin.

"Kami telah mengamati gagasan bahwa luar angkasa mungkin menjadi target perluasan berita kami," ujar Mikhailov.

Pengumuman mereka diungkapkan sehari setelah militer Rusia mengkonfirmasi bahwa mereka telah menguji senjata penghancur satelit. NASA dan Amerika Serikat mengecam tes itu sebagai "berbahaya dan tidak bertanggung jawab" bagi anggota awak di ISS.

Awak ISS terpaksa berlindung di kapal kembali mereka Senin setelah uji coba rudal menempatkan lebih dari 1.500 keping puing yang dapat dilacak ke orbit Bumi.

Namun Rusia menepis kekhawatiran Amerika Serikat itu dan menuduh Washington menguji senjata luar angkasanya sendiri.

Kini Rusia sedang mempersiapkan sebuah biro media di ruang angkasa yang akan melaporkan kegiatan rutin di ruang angkasa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES