Peristiwa Nasional

Bupati Pulau Morotai Minta Bantuan Moeldoko Wujudkan Swasembada Beras dan Hortikultura

Sabtu, 20 November 2021 - 22:54 | 30.82k
Bupati Pulau Morotai Benny Laos bersama KSP RI Moeldoko menunjukan hasil panennya di Desa Dehegila Morotai. (Foto: Mun For TIMES Indonesia)
Bupati Pulau Morotai Benny Laos bersama KSP RI Moeldoko menunjukan hasil panennya di Desa Dehegila Morotai. (Foto: Mun For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOROTAIBupati Morotai Benny Laos menyatakan sektor pertanian selalu menjadi perhatian Pemkab Pulau Morotai. Ini dilakukan agar target swasembada beras dan swasembada hortikultura bisa terpenuhi.

Hal tersebut disampaikan Bupati Benny Laos kepada Kepala Staf Presiden Moeldoko saat berdialog dengan petani Holtikultura di Dusun III (SP4) Desa Dehegila, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Sabtu (20/11/2021).

Bupati mengatakan, sebelumnya pedagang di Morotai masih beli cabe dan tomat dari Manado Sulawesi Utara dan dari Tobelo Halmahera Utara. Tapi sekarang tidak lagi. Karena, hasil petani saat ini sudah mampu mencukupi kebutuhan pasar di Kabupaten Pulau Morotai.

Kesuksesan petani hortikultura saat ini tidak terlepas dari program bantuan Pemkab Morotai. "Bantuannya dari mulai sumber air, pupuk, bibit, mosal, pembukaan lahan dan pendampingan. Semuanya dibantu secara cuma-cuma. Yang gratis tahap satu dan dua, secara bertahap subsidinya dari pemerintah kepada petani. Tahap ke tiga sudah harus mandiri melalui program KUR BRI dan BNI dan itu sudah berjalan," ucapnya.

Bupati Pulau Morotai dan Moeldoko 2

Untuk tanaman padi, Bupati menyatakan bisa tumbuh dengan baik di Pulau Morotai. Peningkatan penanaman dan produksi padi jauh lebih baik karena menggunakan varietas M70. Untuk M70, panen tertinggi bisa mencapai 8 ton/ha sehingga rata-rata sudah memenuhi angka nasional," ungkapnya.

Namun demikian, target swasembada padi terhadang sistem irigasi yang kurang bagus. Hal ini membuat petani, rata-rata  hanya bisa melakukan dua kali kali tanam dalam satu tahun.

Untuk itu, Bupati mengatakan, Pemkab Morotai membutuhkan bantuan alat-alat pengolahan lahan pertanian dan pembangunan sarana irigasi. Sejauh ini, Pemkab Morotai memanfaatkan anggaran DAK untuk irigasi, pengadaan sumur dan memperbanyak pompa air.

"Pada kesempatan ini,  kami mohon bantuan kepada pak Moeldoko, agar dapat membantu peralatan dan modalisasi alat, sehingga petani-petani bisa mengikuti perkembangan dan kemajuan peradaban teknologi didalam bidang pertanian," kata Bupati Pulau Morotai Benny Laos soal Morotai menuju swasembada beras dan swasembada hortikultura. (*).

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES