Pendidikan

Garnesa Racing Team FT Unesa Juara 1 Kontes Mobil Hemat Energi 2021

Sabtu, 20 November 2021 - 21:10 | 64.03k
Punggawa Garnesa Racing Team berpose bersama usai meraih kemenangan di KMHE 2021, Sabtu (20/11/2021). (FOTO: Dok. Unesa)
Punggawa Garnesa Racing Team berpose bersama usai meraih kemenangan di KMHE 2021, Sabtu (20/11/2021). (FOTO: Dok. Unesa)

TIMESINDONESIA, SURABAYAGarnesa Racing Team Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berhasil menorehkan capaian prestasi membanggakan di ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021.

Agenda ini merupakan lomba mobil hemat energi tingkat nasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi bekerjasama dengan Universitas Negeri Surabaya. Kali ini, balap berlangsung di Sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya (GBT) Surabaya mulai 15-20 November 2021.

KMHE 2021 diselenggarakan untuk menguji kemampuan merancang dan membangun kendaraan yang aman, irit dan ramah lingkungan. KMHE merupakan kegiatan rutin agenda Kemendikbudristek yang dari awal lebih dikenal dengan nama Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC).

Garnesa Racing Team 2

Kegiatan ini mengundang partisipasi seluruh mahasiswa universitas, institut, politeknik di Indonesia pada dua kategori perlombaan yakni Prototype dan Urban Concept, masing-masing dengan 4 kelas engine yaitu Motor Pembakaran Dalam (MPD) Gasoline, MPD Diesel, MPD Etanol dan Motor Listrik.

KMHE 2021 mengusung tema “Satu Nyali Hemat Energi” yang didasarkan pada bahasa khas Arek Surabaya dengan tujuan menyatukan jiwa untuk kembali melestarikan alam. Harapan besar diselenggarakan kontes ini yaitu bisa menyatukan jiwa warga masyarakat demi kelestarian lingkungan melalui konsep kendaraan hemat energi.

“Pada KMHE 2021 ini, Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya ikut berpartisipasi dengan nama tim yaitu Garnesa Racing Team pada kelas Urban Concept Mesin Pembakaran Dalam Diesel,” tutur Agung Prijo Budijono, ST., MT. selaku dosen pembimbing Garnesa RC dari Jurusan Teknik Mesin FT Unesa, Sabtu (20/11/2021).

Agung menjelaskan, pada kategori eco urban diesel, Garnesa sempat mengalami kendala gagal finish saat race pertama yang dikarenakan rantai terlepas sehingga perlu disetting ulang.

"Alhamdulillah pada race berikutnya tidak mengalami kendala sehingga mendapatkan juara 1 dengan skor terbaik yaitu 111,92 km/liter," tambah Ricky Surya Pranata, mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin selaku manajer tim Garnesa.

Garnesa Racing Team 3

Pada kategori eco fun race urban diesel, Garnesa kembali mencatatkan hasil impresif dengan finish pertama sehingga mendapatkan juara 1.

"Saya sempat gemeteran saat melihat di last lap karena sempat terjadi kontak body antara Garnesa dengan Otoriter U-DV Tadulako dari Universitas Tadulako, syukur alhamdulillah Garnesa mampu menjaga jarak hingga menyentuh garis finish," tambah Agung Prijo.

Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat penting bagi mahasiswa sebagi bentuk implementasi keilmuan yang selama ini dipelajari di kampus.

Sementara itu, Wakil Dekan FT Unesa Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dedy Rahman Prehanto, S.Kom., M.Kom, merasa senang dan bangga kepada semua tim beserta dosen pembimbing yang telah berjuang sekuat tenaga sehingga mendapatkan hasil terbaik pada gelaran KMHE 2021.

"Mereka layak mendapatkannya, selamat dan sukses untuk Garnesa Racing Team, maju bersama, FT berprestasi, FT jawara, Unesa satu langkah di depan untuk Indonesia maju," tutur Dedy optimistis.

Senada, Dekan FT Unesa Dr Maspiyah. M.Kes mengungkapkan, kegiatan kemahasiswaan dan pembinaan kemahasiswaan Fakultas Teknik Unesa yang digawangi oleh wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni di tahun 2021 sangatlah bagus sehingga menghasilkan berbagai prestasi di level nasional.

"Sebelum KMHE 2021 ini, mahasiswa dari Fakultas Teknik Unesa juga membawa prestasi juara harapan 3 dalam kontes jembatan Indonesia yang diselenggarakan Puspresnas," ujarnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES