Ekonomi WSBK Mandalika 2021

Produk UMKM Khas Lombok Turut Meriahkan WSBK Mandalika 2021

Sabtu, 20 November 2021 - 19:27 | 50.09k
Hasil kriya masyarakat Lombok dan Sumbawa yang dijual di bazar Sirkuit Mandalika. (Foto: Tria Adha/TIMES Indonesia)
Hasil kriya masyarakat Lombok dan Sumbawa yang dijual di bazar Sirkuit Mandalika. (Foto: Tria Adha/TIMES Indonesia)
FOKUS

WSBK Mandalika 2021

TIMESINDONESIA, LOMBOK TENGAH – Bazar UMKM iku meramaika gelaran WSBK Mandalika 2021. Pihak event organizer dari International Tourism Development Corporation (ITDC) juga memberikan tempat bagi pegiat UMKM untuk menampilkan produk mereka. Lokasi bazar dilaksanakan di luar Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB.

Bazar UMKM diselenggarakan pada 17 – 21 November 2021, letaknya dekat dengan pintu masuk tribun dan tersebar di berbagai titik. Salah satunya produk UMKM binaan Bank Indonesia NTB. Mereka menjual hasil karya masyarakat yang dibina mulai dari kain tenun khas Lombok, kerajinan kriya, serta makanan dan minuman. 

bazar WSBK Mandalika 2Hasil makanan dan minuman olahan masyarakat Lombok dan Sumbawa yang dijual di bazar Sirkuit Mandalika. (Foto: Tria Adha/TIMES Indonesia)

Duta UMKM Bank Indonesia NTB Siti Malika mengatakan bahwa produk-produk yang dijual asli dari masyarakat Lombok dan Sumbawa yang diakomodir Bank Indonesia NTB untuk dipamerkan dan dijual di Sirkuit Mandalika. 

bazar WSBK Mandalika 3Penonton WSBK 2021 yang membeli produk UMKM di bazar Sirkuit Mandalika. (Foto: Tria Adha/TIMES Indonesia)

“Masyarakat dibina oleh Bank Indonesia dan produknya di jual di sini. Kegiatan ini membuka kesempatan untuk karya masyarakat Lombok dan Sumbawa bisa dikenal orang banyak,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan telah memesan kain tenun dengan motif bulan bergantung seharga Rp 1,2 juta dan akan diambil saat Luhut datang untuk menonton WSBK Mandalika 2021.

bazar WSBK Mandalika 4Tenun kain sutra dengan benang emas karya masyarakat Lombok dibaderol 5 juta rupiah. (Foto : Tria Adha/TIMES Indonesia)

“Ini udah dipesan sama pak menteri, nanti waktu beliau ke sini akan diambil,” ungkapnya.

bazar WSBK Mandalika 5Stand UMKM menjual produk kopi dengan harga 1 rupiah. (Foto: Tria Adha/TIMES Indonesia)

Malika juga menjelaskan range harga kain tenun yang dijual  mulai dari Rp600 ribu  hingga paling mahal Rp5 juta, yakni yang berbahan sutra alam bordir dan benang emas. 

Untuk produk kriya seperti tas anyaman dan mutiara dijual dari harga 500 ribu hingga 3 juta rupiah. Untuk makanan dan minuman mereka menawarkan cemilan, makanan khas Lombok ayam taliwang dengan berbagai macam harag mulai dari Rp10 ribu. Yang spesial adalah mereka juga menjual kopi yang dijual hanya Rp1  saja dengan pembayaran melalui uang digital. 

bazar WSBK Mandalika 6Kain tenun khas Lombok motif bulan bergantung yang dipesan Menteri Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Tria Adha/TIMES Indonesia)

Sebelumnya race 1 WSBK Superbike harus ditunda karena factor cuaca yang tidak memungkinkan untuk para pembalap melanjutkan balapan. Pihak penyelenggara WSBK Mandalika 2021 telah merescedule race akan dilanjutkan besok Minggu (21/11/2021) pukul 11.00 WITA. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES