Pemerintahan

Presiden RI Jokowi Kunjungi Nursery Center yang Dapat Dukungan Air Baku dari Kementerian PUPR RI

Sabtu, 20 November 2021 - 16:36 | 66.21k
Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) didampingi Menteri PUPR RI saat meninjau Pusat Persemaian Modern (Nursery Center) di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/11/2021). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) didampingi Menteri PUPR RI saat meninjau Pusat Persemaian Modern (Nursery Center) di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/11/2021). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, BOGORPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) mengatakan bahwa Indonesia serius untuk berperan menangani dampak perubahan iklim. Hal itu disampaikan saat meninjau Pusat Persemaian Modern (Nursery Center) di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/11/2021).

Turut hadir dalam kunjungan Presiden tersebut, Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Duta Besar dari Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Uni Eropa, dan Country Director World Bank.

Nursery Center yang mendapat dukungan pembangunan prasarana air baku oleh Kementerian PUPR RI tersebut, diharapkan pada Januari 2022 sudah mampu memroduksi bibit tanaman skala besar untuk dapat ditanam pada berbagai lokasi. Terutama untuk program rehabilitasi lahan kritis, penghijauan daerah aliran sungai, untuk melindungi kawasan rentan banjir, dan longsor.

"Kita tunjukkan nursery center ini bisa setahun memproduksi 12 juta bibit. Kita harapkan dengan membangun pusat persemaian seperti ini, kita akan kurangi risiko bencana di hulunya, utamanya untuk banjir selain perbaikan lingkurang," kata Presiden.

Jokowi-PUPR-2.jpg

Pusat Persemaian Modern Rumpin memiliki luas lahan 15 hektar menjadi role model pemulihan lingkungan melalui pendekatan rehabilitasi hutan dan lahan (RHL). Persemaian ini mampu menyediakan bibit dengan skala besarbesar di antaranya bibit pohon Albasia, Sengon, Mahoni, Jati, dan Eucalyptus Pelita yang dapat dimanfaatkan untuk pemulihan lahan-lahan kritis.

Dukungan prasarana air baku untuk persemaian bibit pohon merupakan hal baru bagi Kementerian PUPR, karena biasanya air baku disediakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri.

"Ke depannya Kementerian PUPR akan lebih intensif berkolaborasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk membangun Nursery Centre yang sangat penting sebagai upaya rehabilitasi lahan kritis dan mengurangi risiko bencana," tutur Menteri Basuki.

Jokowi-PUPR-3.jpg

Pemanfaatan air baku bagi bibit-bibit tanaman di Rumpin bersumber dari sungai yang tidak jauh dari lokasi persemaian. Selajutnya dialirkan menggunakan pompa ke intake dan kolam penampungan (water pond). Setelah beberapa saat diendapkan, air dipompa kembali menuju unit filtras berkapasitas 11 m3 dan tangki air berkapasitas 640 m3, kemudian didistribusikan menggunakan pipa ke lahan persemaian dengan sistem sprinkler.

Pembangunan prasarana air baku dikerjakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung - Cisadane, Ditjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR RI sejak 6 Juli 2021 dengan kontraktor pelaksana PT. Rafa Karya Indonesia. Anggaran pembangunannya bersumber dari APBN senilai Rp11,9 miliar dengan progres konstruksi telah mencapai 97% dan ditargetkan selesai 27 Desember 2021.

Hadir pada kesempatan kunjungan Presiden RI Jokowi ke Nursery Center di Kecamatan Rumpin, tersebut, Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR RI Jarot Widyoko, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Air Tanah dan Air Baku Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Iriandi Azwartika, dan Kepala BBWS Ciliwung Cisadane Bambang Hery. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES