Olahraga

Modifikasi Cuaca Dukung Kesuksesan WSBK Mandalika 2021

Sabtu, 20 November 2021 - 13:44 | 29.02k
Race 1 WSBK Mandalika 2021 terpaksa ditunda hingga waktu yang belum ditentukan karena hujan deras dan jarak pandang kurang. Sabtu (20/11/2021). Foto : Tria Adha/TIMES Indonesia.
Race 1 WSBK Mandalika 2021 terpaksa ditunda hingga waktu yang belum ditentukan karena hujan deras dan jarak pandang kurang. Sabtu (20/11/2021). Foto : Tria Adha/TIMES Indonesia.

TIMESINDONESIA, LOMBOK TENGAH – Perhelatan WSBK Mandalika 2021 tidak terlepas dari bayang-bayang hujan yang akan turun. Modifikasi cuaca pun dilakukan TNI untuk mendukung kesuksesan ajang balap internasional hari ini. 

Beberapa hari belakangan, cuaca di Kuta Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat selalu mendung. Hujan rintik terjadi setiap malam. Bahkan pembalab, Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu, mengaku sudah bersiap kalau balapan WSBK seri terakhir ini digelar wet race. 

Menjelang race 1 WSBK Mandalika, Sabtu (20/11/2021) pukul 15.00 WIB, terpantau hujan rintik mengguyur sirkuit. Menurut pemantauan di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTT, persiapan pun tetap berjalan lancar meski hujan mengguyur sirkuit.

Komandan Korem Nusa Tenggara Barat, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, mengaku pihaknya sudah melakukan upaya agar tak turun hujan deras. Dia menyebut modifikasi sudah ditempuh agar hujan bisa dicegah turun deras di kawasan Mandalika.

WSBK Mandalika 2021 c

"Maksudnya rekayasa hujan ini sudah sering dilakukan oleh teman-teman TNI AU pada event-event besar nasional, yaitu dengan menerbangkan pesawat, membawa garam, lalu ditabur di udara, di atas awan. Dengan harapan kalau sudah ditabur di atas awan itu, sebelum bergeser ke lokasi sirkuit Mandalika hujan sudah jatuh. Bahasa tim, modifikasi cuaca," kata Ahmad Rizal kepada awak media.

"Mudah-mudahan cuacanya terus seperti ini, nyaman, agak dingin-dingin, namun masih bisa melaksanakan World Superbike. Ini yang kami laksanakan, kami gerakan satu pesawat Casa, sudah ada 3 ton yang kami taburkan," kata tambahnya.

WSBK Mandalika 2021 menjadi penentu peraih gelar juara dunia tahun ini. Toprak Razgatlioglu ada di posisi teratas klasemen WSBK 2021 dengan raihan 531 poin, berjarak 30 angka dari Jonathan Rea. Rider Turki itu akan menjadi juara dunia kalau bisa finis pertama di race 1 WSBK Mandalika 2021.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES