News Commerce Indonesia Bangkit

Guru SMK Muhammadiyah Minggir Yogyakarta Dapat Pelatihan Upskilling dari Dikpora

Sabtu, 20 November 2021 - 10:09 | 37.71k
Kepala  SMK Muhammadiyah Minggir, peserta pelatihan, dan instruktur dari PT Insan Madani beramah tamah sebelum menggelar pelatihan upskilling. (Foto: SMK Muhammadiyah Minggir for TIMES Indonesia).
Kepala SMK Muhammadiyah Minggir, peserta pelatihan, dan instruktur dari PT Insan Madani beramah tamah sebelum menggelar pelatihan upskilling. (Foto: SMK Muhammadiyah Minggir for TIMES Indonesia).
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Guru SMK Muhammadiyah Minggir Yogyakarta mendapatkan pelatihan upskilling kompetensi keahlian teknik listrik oleh instruktur Electric Training System dari PT Insan Madani, Jumat (19/11/2021).

Kegiatan yang berlangsung sehari dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB ini, diampu oleh enam instruktur dari PT Insan Madani. Pelatihan diikuti oleh empat guru kejuruan teknik listrik, wakil kepala bidang sarana  prasarana, dan kepala sekolah.

Materi pelatihan yang diberikan tentang teori pengenalan alat-alat listrik terbarukan dan praktik uji fungsi alat. Di antaranya praktik pengoperasian mesin basic electric training system, mesin electricity protection training system, mesin step motor training set, dan beberapa mesin lainnya.

Kepala SMK Muhammadiyah Minggir Edy Purwanto menyampaikan pengadaan mesin dan pelatihan tentang mesin-mesin listrik terbarukan ini merupakan bantuan dari Dikpora DIY.

praktik uji alat

Menurut Edy, bantuan untuk SMK Muhammadiyah Minggir ini dalam rangka  meningkatkan dan mengembangkan kompetensi guru.

Catur Setyawan, ketua Jurusan Teknik Listrik SMK Muhammadiyah Minggir, menambahkan, pelatihan ini memberi tambahan wawasan tentang praktik kejuruan yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri saat ini.

Catur melanjutkan, jumlah peralatan yang memadai dan terbarukan menjadikan praktik kompetensi keahlian peserta didik tidak terkendala. Disamping itu, keterampilan anak juga semakin meningkat karena ada alat peraga untuk praktik.

“Jika keterampilan yang diberikan kepada peserta didik sesuai dengan kebutuhan industri saat ini, maka harapannya keterserapan lulusan SMK Muhammadiyah Minggir Yogyakarta di dunia industri akan lebih tinggi lagi,” kata Catur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES