Wisata

Sambut Wisatawan, Begini Persiapan Pedagang di Kawasan Wisata Pantai Klayar Pacitan

Jumat, 19 November 2021 - 20:20 | 105.30k
Tampak masih sepi pengunjung di wisata Pantai Klayar pada hari pertama dibuka, Jumat (19/11/2021). (Foto-foto: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Tampak masih sepi pengunjung di wisata Pantai Klayar pada hari pertama dibuka, Jumat (19/11/2021). (Foto-foto: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Jelang akhir pekan, puluhan pedagang kawasan wisata Pantai Klayar, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur bersiap-siap menyambut pengunjung.

Salah satu pemilik warung dan MCK di kawasan wisata Pantai Klayar, Ihsan Makin mengatakan bahwa sejak siang tadi para pedagang sudah bersiap-siap. 

"Ya, sejak siang tadi kami sudah mempersiapkan segala sesuatu. Anjuran pemerintah terkait prokes juga sudah siap," katanya, Jumat (19/11/2021). 

Pantai Klayar 2Sejumlah pedagang dan pemilik MCK sedang berbenah guna menyambut calon wisatawan akhir pekan besok, Sabtu dan Minggu.

Dirinya mengaku, meskipun sudah dibuka resmi oleh Bupati Pacitan kemarin, Kamis (18/11/2021), pengunjung pada hari pertama ini belum tampak ramai. 

"Hari pertama buka ini pengunjung belum ramai. Nah, untuk besok kan weekend, jadi kami beres-beres dan berbenah agar minat wisatawan juga meningkat," ungkapnya kepada TIMES Indonesia. 

Lebih lanjut, menurut Ihsan Makin, pengunjung Kawasan Wisata Pantai Klayar yang paling ramai sebelum pandemi Covid-19 pada akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu. 

"Sebelum pandemi Covid-19 dan PPKM, biasanya yang paling ramai pengunjung itu, ya hari Sabtu dan Minggu. Hari-hari biasa memang tidak begitu ramai," jelasnya. 

Sementara itu, pedagang kuliner yang juga berjualan di Pantai Klayar, Anwar Sodiq menyebutkan, sejak tadi pagi pengunjung yang datang tidak kurang dari lima kendaraan roda empat. 

"Sementara ini, baru ada empat atau lima kendaraan roda empat yang berkunjung. Kami pedagang mulai besok, Sabtu (20/11/2021) sudah mulai berjualan semuanya," tuturnya. 

Selain itu, menurut Kadisparpora Pacitan, Andi Faliandra pihaknya bersama pemkab sudah melakukan persiapan dalam waktu lama. 

Mulai dari sertifikasi CHSE dan memastikan pemasangan barcode aplikasi PeduliLindungi di setiap kawasan wisata Kota 1001 Goa. 

"Setelah sekian lama menunggu, akhirnya Pacitan masuk PPKM level 2, meskipun demikian kita semua harus mematuhi peraturan yang ada. Mulai dari sertifikasi CHSE, vaksin Covid-19 dan mematuhi protokol kesehatan. Agar tidak lagi muncul cluster dengan varian terbaru," jelasnya. 

Sebagai informasi, Kabupaten atau Kota yang masuk dalam kategori PPKM level 2 diperbolehkan membuka destinasi wisatanya dengan syarat dan ketentuan. 

Di Kabupaten Pacitan, kapasitas pengunjung dibatasi 25 persen, wajib prokes, menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk dan sudah vaksin minimal dosis pertama. Sedangkan anak usia di bawah 12 tahun diperbolehkan masuk kawasan wisata dengan pengawasan orangtua, termasuk di kawasan wisata Pantai Klayar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES