Pendidikan

FAI UM Jember Gandeng BSI Demi Wujudkan Global Shark Bankers

Jumat, 19 November 2021 - 15:36 | 44.70k
Penandatanganan MoU oleh Dekan FAI, Sofyan Rofi (kiri) dengan Manager BSI area Jember, Teguh Prasetya (kanan). (Foto: Humas UM Jember for TIMES Indonesia)
Penandatanganan MoU oleh Dekan FAI, Sofyan Rofi (kiri) dengan Manager BSI area Jember, Teguh Prasetya (kanan). (Foto: Humas UM Jember for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) menggandeng Bank Syariah Indonesia (BSI) area Jember melalui perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU), Selasa (16/11/21). 

MoU tersebut bertujuan untuk membentuk dan mempersiapkan masa depan diri menjadi Global Shark Bankers (Belajar Bekerja Terpadu). Salah satu bentuk kerjasamanya adalah dalam bentuk magang. 

Sofyan Rofi, Dekan FAI mengungkapkan bahwa, perjanjian ini didasari dalam mewujudkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. 

"Saya berharap dengan program ini, mahasiswa dapat pengetahuan langsung dari lembaga perbankan syariah Indonesia sehingga tidak hanya mendapatkan pengetahuan secara teoritis di kampus," ungkap Sofyan. 

Menurutnya, Magang memiliki tiga kunci utama yaitu, penyusunan kurikulum melalui link antara dunia akademis dengan dunia industri, kedua adalah kurikulum harus match antara yang dididik dengan yang dituntut oleh dunia industri dan ketiga, mahasiswa telah ready untuk bekerja di dunia industri saat lulus kuliah.

"Dengan demikian mahasiswa harus bersedia dan siap untuk mengimplementasikan teori-teori yang sudah didapat baik dari kampus maupun dari lembaga perbankan syariah (tempat magang)," papar Dekan FAI.

Sementara itu, Manager Bank Syariah Indonesia area Jember, Teguh Prasetya mengungkapkan, BSI awalnya berfokus pada pendidikan dan kesehatan sebagai pondasi. Misalnya pesantren, rumah sakit, sekolah-sekolah, dan lain-lain. Hingga akhirnya seluruh perbankan syariah ikut tergabung seperti BRI Syariah dan BNI Syariah menjadi BSI. 

"Awalnya Bank Syariah Indonesia berfokus pada pendidikan dan kesehatan, hingga akhirnya Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) menggunakan BSI sebagai sistem pembayarannya, ini luar biasa," pungkasnya. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES