Ekonomi

Kembangkan UMKM, Pemkab Indramayu Menjajaki Kerja Sama dengan Mubarokfood dan Yuasafood

Jumat, 19 November 2021 - 10:12 | 18.12k
Bupati Indramayu saat bertemu dengan Mubarokfood dan Yuasafood di Jawa Tengah.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Bupati Indramayu saat bertemu dengan Mubarokfood dan Yuasafood di Jawa Tengah.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Dalam kunjungannya ke Jawa Tengah, Bupati Indramayu Nina Agustina Dai Bachtiar menyempatkan diri bertemu Founder Yuasafood, Trisila Juwana, dan Kepala Pemasaran PT Mubarokfood Cipta Delicia, M Kirom, pada Kamis (18/11/2021) kemarin.

Pertemuan tersebut sebagai upaya meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Indramayu. Dari situ, Bupati Nina banyak menerima informasi soal upaya mengembangkan komoditi unggulan daerah bisa dijadikan sebagai sumber ekonomi masyarakat.

Sebagai informasi, Yuasafood adalah perusahaan yang sukses dalam produksi makanan dan minuman olahan di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Produk yang paling terkenal adalah minuman Carica, berbahan pepaya khas Dieng.

Sementara Mubarokfood adalah produsen makanan dan minuman olahan besar di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Produk yang paling terkenal adalah jenang dengan merek dagang 'Jenang Kudus Mubarok'.

Kedua produsen makanan dan minuman olahan ini sukses melakukan penetrasi pasar tak hanya di Indonesia, tetapi menembus pasar Asia, Eropa dan Amerika.

"Tak ada salahnya saya menyerap ilmu dari orang-orang yang sukses. Banyak hal yang saya dapat dari pertemuan singkat dengan Pak Tri dan Pak Kirom," jelasnya, Jumat (19/11/2021).

Pertemuan diakhiri dengan penjajakan kerja sama pengembangan UMKM melalui komoditi unggulan Kabupaten Indramayu, mangga. Nantinya, mangga akan diolah menjadi makanan dan minuman tertentu dengan konsep yang sudah dilakukan oleh Yuasafood dan Mubarokfood.

"Insya Allah, ini menjadi awal yang baik dalam upaya meningkatkan UMKM di Indramayu," harapnya.

Sementara menurut Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (ASDA II) Kabupaten Indramayu, Maman Kostaman yang ikut mendampingi Bupati Indramayu, rencana kerjasama itu akan segera ditindaklanjuti. Pemerintah Kabupaten Indramayu akan menyiapkan semua kebutuhan kerjasama, mulai regulasi hingga infrastruktur yang dibutuhkan.

"Sepulangnya kami dari Jawa Tengah, akan disiapkan melalui dinas dan instansi serta swasta yang akan dilibatkan. Ini sebuah peluang baik yang harus dimanfaatkan oleh kami (Pemkab Indramayu)," tuturnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES