Olahraga

Jelang Lomba, Sirkuit Mandalika NTB Lulus Homologasi FIM

Jumat, 19 November 2021 - 13:22 | 44.60k
Sirkuit Mandalika di NTB yang menjadi lokasi ajang balapan seri penutup World Superbike 2021. (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)
Sirkuit Mandalika di NTB yang menjadi lokasi ajang balapan seri penutup World Superbike 2021. (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LOMBOK TENGAH – Menjelang seri penutup World Superbike 2021, Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dinyatakan lulus homologasi oleh Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM).

Sebelumnya, pada Kamis (18/11/2021) kemarin, FIM telah melakukan inspeksi lapangan. Hasilnya, sirkuit kebanggaan Indonesia itu dinyatakan layak digunakan untuk penyelenggaraan FIM Superbike World Championship tahun 2021 (WSBK Mandalika 2021).

"Ini adalah kabar gembira bagi kita semua dan sebuah kebanggaan yang besar mengingat sirkuit ini adalah sirkuit yang baru," kata Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Ricky Baheramsjah dalam pernyataan resmi, Jumat (19/11/2021), dikutip dari Antara.

Ricky mengatakan, "Kita telah membuktikan bahwa sirkuit ini layak dan memiliki kualitas yang memenuhi syarat untuk menggelar event balapan motor internasional."

Pembangunan Sirkuit Mandalika yang berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat itu dirampungkan dalam waktu 14 bulan.

Perlu diketahui, dalam dunia olahraga otomotif, homologasi merupakan proses penilaian semua aspek balap terhadap standar yang telah ditentukan guna mendapatkan lisensi atau izin sebagai syarat untuk menggelar balapan.

Homologasi meliputi beberapa aspek yaitu aspal trek, area run-off, pagar pembatas, hingga pit building, serta fasilitas kesehatan di sirkuit, yang perlu dipertimbangkan demi membuat event balapan berlangsung aman.

"Selesainya homologasi, memacu semangat kita untuk semakin all out dalam menggelar rangkaian balapan WSBK yang berlangsung hari ini," ujar Ricky.

Dia menambahkan, saat ini seluruh peralatan siap dan lengkap,berikut  perangkat penyelenggara dan pendukung balapan juga sudah siap.

Sirkuit Pertamina Mandalika di NTB pada akhir pekan ini menjadi tuan rumah seri ke-13 sekaligus seri penutup musim WSBK yang menjadi penentuan gelar juara dunia.

Dua pembalap yakni Toprak Razgatlioglu dari tim Pata Yamaha dan Jonathan Rea dari tim Kawasaki Racing Team menjadi bertaarung untuk menjadi jawara di ajang ini. Selisih kedua pembalap ini adalah 30 poin, di mana Razgatlioglu sementara di puncak klasemen.

Sebanyak 62 poin maksimal siap direbut dari dua balapan dan satu superpole race sepanjang 10 lap pada akhir pekan ini di Sirkuit Mandalika NTB. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES