Pendidikan

Manfaatkan KMI Expo XII 2021, Unhasy Jombang Jalin MoU dengan Sejumlah Kampus

Jumat, 19 November 2021 - 09:55 | 77.31k
MoU antara PKKU UNHASY Tebuireng Jombang dengan Badan Usaha Non Akademik (BUNA) UB Malang (FOTO: Suhari for TIMES indonesia)
MoU antara PKKU UNHASY Tebuireng Jombang dengan Badan Usaha Non Akademik (BUNA) UB Malang (FOTO: Suhari for TIMES indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – (Unhasy) Jombang jalin kerja sama dengan berbagai kampus mentereng di Jawa Timur.

Kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia atau KMI EXPO XII tahun 2021 yang digelar di Universitas Brawijaya (UB) Malang tidak disia-siakan oleh beberapa perguruan tinggi yang hadir unuk menjalin kerjasama MoU (Memorandum of Understanding) dalam hal pengembangan kewirausahaan.

Seperti yang dilakukan oleh Pusat Karir dan Kewirausahaan (PKPU) Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang. Pada kesempatan ini, PKKU menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi yang notebene lebih maju.

“Kegiatan KMI EXPO XII tahun 2021 ini, selain sebagai ajang unjuk kebolehan mahasiswa dalam kewirausahaan, juga harus kita manfaatkan untuk menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi yang lebih maju, terutama dalam pengembangan kewirausahaan mahasiswa,” ujar Suhari Ketua PKKU Unhasy Jombang kepada TIMES Indonesia, Jumat (19/11/2021).

PKKU melakukan MoU dengan Pusat Pengembangan Karir (PPK) Universitas Widyagama Malang tentang pengembangan karir, tracer study dan wirausaha mahasiswa. Dalam hal ini dipimpin langsung oleh Dra. Wiwin Purnomowati, Msi.

“Kami PKK Widyagama sangat senang bisa melakukan penandatanganan kerja sama antara PKKU UNHASY Tebuireng Jombang dengan PPK Universitas Widyagama ini, sehingga lembaga Pusat Karir dan Kewirausahaan yang terdapat di UNHASY Tebuireng menjadi lebih baik dan maju,” ungkapnya.

Ketua PKKU UNHASY Tebuireng, Suhari menyampaikan hal senada. Pihaknya sangat berterima kasih atas sambutan dan diperkenankan untuk menjalin kerja sama dengan Pusat Pengembangan Karir dari Universitas Widayagama Malang. Harapannya, Pusat Karir dan Kewirausahaan di UNHASY Tebuireng Jombang semakin mampu bekerja lebih baik dalam melahirkan output/ outcome yang memiliki karir dan mampu berwirausaha lebih baik.

KMI EXPO XII juga menjadi ajang bagi wirausaha muda mahasiswa untuk membangun networking dengan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi lain. “Acara ini menjadi kesempatan bagi saya untuk membangun network dan pertemanan sebanyak-banyaknya dengan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, terutama dalam memasarkan produk kopi saya, yakni Tengger Coffee sebagai produk kopi ciri khas masyarakat Tengger,” kata salah satu peserta, Muhammad Adib dari UNHASY.

Hal serupa juga dilakukan oleh salah satu dosen UNHASY, Indah Meidiastuti. Dosen pendamping dan pembina ini memanfaatkan moment tersebut untuk saling bertukar pikiran, berdiskusi, bahkan saling tukar nomor HP untuk kemudian hari dapat dilakukan kerjasama.

“Alhamdulillah, saat di stand saya didatangi salah satu tim kewirausahaan UB dan akhirnya kita bertukar nomor HP. Setelah saya ajak diskusi, akhirnya PKKU UNHASY Tebuireng Jombang ditawari kerja sama dengan BUNA (Badan Usaha Non Akademik) UB Malang,” ujar Indah.

“Ini perlu kita manfaatkan dan segera saja kita buat MoU-nya. Dengan kerjasama dengan BUNA UB, kita mencoba mengembangkan beberapa usaha mahasiswa dan usaha dari kampus kita,” sambung Indah Meidiastuti.

KMI EXPO XII tahun 2021 dibuka oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjend Dikti Ristek) Kemendikbud Ristek, Prof. Nizam Rabu (17/11/2021) di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya Malang secara virtual zoom. Dalam sambutannya Prof. Nizam menyatakan, lulusan perguruan tinggi tidak perlu khawatir menganggur atau tidak punya pekerjaan jika bisa berwirausaha.

“Mahasiswa berwirausaha bisa menjadi insan kreatif tanpa harus kehilangan gelar sarjananya. Karena kreatifitas sangat diperlukan di perguruan tinggi untuk mahasiswa, baik tingkat nasional maupun internasional,” kata Prof. Nizam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES