Gaya Hidup

Lakukan Lima Hal Ini agar Lebih Semangat saat Bangun Pagi

Jumat, 19 November 2021 - 05:22 | 79.02k
Ilustrasi - Tips agar semagat saat bangun pagi (FOTO: Freepik/lookstudio)
Ilustrasi - Tips agar semagat saat bangun pagi (FOTO: Freepik/lookstudio)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pasti Anda pernah merasa malas ketika bangun pagi. Saat mengalami kondisi ini, Anda akan memilih tetap berbaring di tempat tidur daripada langsung mandi atau melakukan aktivitas lain. Padahal semangat saat bangun pagi bisa mempengaruhi mood kita seharian, lho.

Supaya bangun pagi Anda lebih bermakna dan Anda bisa melanjutkan hidup dengan lebih bahagia, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti dilansir Reader’s Digest berikut.

1. Beribadah Pagi

Berdoa.jpgFoto: Pinterest/Fitri Nur

Saat Anda merasa lesu dan merasa ada yang kosong dari perasaan serta hidup Anda, satu cara terampuh untuk mengatasinya, yakni dengan beribadah. Melakukan ibadah pagi sebelum memulai aktivitas akan membuat pikiran Anda lebih tenang dan lebih bisa berdamai dengan segala keadaan.

Ibadah pagi bisa dilakukan bersama-sama anggota keluarga ataupun sendirian. Bila Anda melakukannya secara tulus dan rutin setiap hari, pasti kekuatan doa bisa membawa perubahan positif yang besar dalam hidup Anda.

2. Buka Berita Positif

Membaca-Berita-Positif-1.jpgFoto: Freepik Mockup/rawpixel

Terkadang, kehilangan semangat dan apatis bisa disebabkan oleh banyaknya informasi negatif yang membanjiri hari-hari Anda. Baik itu dari media sosial, televisi, hingga obrolan makan siang di kantor, semuanya membahas kejelekan-kejelekan beberapa pihak.

Agar pagi hari Anda diawali dengan hal yang baik, lebih baik tonton atau bacalah berita-berita positif dan lewatkan segala berita yang hanya mengulas sisi negatif saja. Ada sebuah penelitian yang melaporkan, menonton tiga menit berita positif di pagi hari akan memberikan efek optimis selama enam hingga delapan jam kemudian.

3. Bantu Orang-Orang Sekitar

Membantu.jpgFoto: enervon

Anda pasti setuju, hidup akan lebih bermakna bila Anda bisa berguna untuk orang lain. Jadi, daripada termenung lama-lama di tempat tidur, lebih baik bantulah pekerjaan ibu Anda di pagi hari. Misalnya saja, menyiapkan sarapan, menyapu halaman, menyapu dalam rumah, hingga membantu kakak Anda untuk mengawasi keponakan yang masih kecil.

Lakukanlah semua itu dengan ikhlas. Dan hasilnya, Anda bisa lebih semangat dalam beraktivitas karena merasa berguna.

4. Rencanakan untuk “Berpetualang”

Planing.jpgFoto: iStock

Daripada merencanakan ingin belanja apa hari ini hanya untuk menghilangkan rasa kesepian (dan malah bikin tabungan jebol), lebih baik rencanakan perjalanan yang menarik dan menantang supaya Anda lebih semangat. Anda bisa memulai dengan cara sederhana dulu. Misalnya mencari jalur alternatif lain saat Anda hendak berangkat ke kantor ataupun pulang ke rumah. Nikmati pemandangan baru di sepanjang perjalanan.

5. Hubungi Orang Terdekat

Menghubungi-orang-terdekat.jpgFoto: thomas

Agar hari Anda lebih ceria, Anda bisa menelepon atau video call dengan orang-orang terdekat Anda. Bila perlu, ceritakan juga unek-unek Anda supaya beban hidup menjadi lebih ringan dan bisa lebih mengontrol emosi saat melanjutkan aktivitas. Jadi, sesampainya di tempat kerja, Anda jadi tidak terlalu sensitif dan lesu lagi, deh!

Itulah lima cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat semangat saat bangun pagi. Siapa tahu bermanfaat agar Anda bisa melakukan aktivitas dengan lebih semangat dan menyapa setiap orang dengan lebih ringan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES