Politik

Ikuti Pelatihan Kader Nasional PDI Perjuangan, Ini Kata Herwin Yatim

Kamis, 18 November 2021 - 22:13 | 46.06k
Herwin Yatim (kiri) saat mengikuti Pendidikan Kader Nasional secara online tanggal 15-16 November 2021 di Kantor DPD PDI Perjuangan, Palu. (Foto : Zulkifli Lakananga for TIMES Indonesia)
Herwin Yatim (kiri) saat mengikuti Pendidikan Kader Nasional secara online tanggal 15-16 November 2021 di Kantor DPD PDI Perjuangan, Palu. (Foto : Zulkifli Lakananga for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PALU – DPP PDI Perjuangan menggelar kegiatan Pendidikan Kader Nasional Gelombang Ke-1 Tahun 2021. Salah satu yang mengikuti pelatihan ini adalah Herwin Yatim.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring tanggal 15-16 November 2021 di Kantor DPD PDI Perjuangan dan luring tanggal 19-21 November 2021 yang bertempat di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung Jakarta.

Politisi asal Banggai yang juga salah satu kader terbaik yang dimiliki DPD PDI Perjuangan Sulteng ini, diutus oleh DPD untuk mengikuti pendidikan kader utama secara online di Kantor DPD PDI Perjuangan Sulteng, Palu.

"Sebagai seorang kader yang saat ini mendapatkan tugas sebagai salah satu ketua di tingkat kabupaten Provinsi Sulteng, sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh DPP Partai. Kegiatan ini sangat berguna sekali, guna memperkuat kader daerah hingga akar rumput," kata Herwin kepada TIMES Indonesia, Kamis (18/11/2021).

Menurutnya, kegiatan ini sangat positif. Selain menambah ilmu, kader juga diberikan pengarahan dan pencerahan langsung dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, saat membuka pelatihan hari senin kemarin.

Herwin Yatim a

Pengarahan tersebut, menurutnya sangat prinsipil dalam hal peningkatan kualitas kader. Serta menjadikan penyadaran bagi kader partai.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kader PDI Perjuangan seharusnya menjadi kader yang progresif. Bukan hanya sekedar menjadi kader militansi saja. Namun kader yang mampu mengaplikasikan dan mengejawantahkan apa yang menjadi ajaran-ajaran Bung Karno.

"Selama daring dua hari, kami disadarkan akan hal itu. Itu harus, dan sangat positif," tegasnya.

Sebagai kader yang dilahirkan dari rahim pendiri bangsa, yang pola pikir dan gaya bertindaknya benar-benar berasal dari akar rumput, kader partai sekarang harus tangguh.

"Ajaran marhaenisme Bung Karno itu yang kita tidak boleh tinggalkan, dan itulah penyadaran kita disini," kata Herwin.

Saat disinggung mengenai materi yang diberikan saat kegiatan berlangsung, Ketua DPC PDI Perjuangan Banggai itu menjelaskan bahwa para peserta diberikan gambaran akan sosok pemimpin yang visioner, yang melahirkan badan-badan di lembaga pemerintahan.

"Sangat luar biasa. Contohnya BMKG, BPIP, BRIN dan beberapa badan dan lembaga lainnya, yang ternyata oleh dunia diakui perannya. Badan-badan tersebut memberikan materi di pelatihan kali ini," kata mantan Bupati Banggai periode 2016-2021 itu.

Ia melihat, political will dari ketua umum lah sampai lahirlah lembaga-lembaga negara ini. "Bukan hanya rakyat dan bangsa kita aja yang diuntungkan, tetapi bahkan dunia. Sesuai dengan apa yang kita dengarkan dan dapat paparan itu dari narasumber masing-masing," imbuhnya.

Herwin sangat bersyukur karena banyak hal yang didapatkan selama pelatihan dua hari itu. "Tentunya kita akan semakin kuat dalam proses kaderisasi kita ke depan. Karena kita diharapkan sebagai salah satu ujung tombak partai yang akan mengejawantahkan dan menularkan ke kader-kader kita di tingkat bawah," pungkas Ketua DPC Banggai itu.

Selain Herwin Yatim, perwakilan DPD PDI Perjuangan Sulteng yang mengikuti pelatihan kader nasional kali ini adalah Suprapto, Sekertaris DPC PDI Perjuangan Banggai, dan Syahruddin Lalu, Ketua DPC PDI Perjuangan Banggai Kepulauan. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES