Pemerintahan

Gubernur Ganjar Pranowo Nilai Kesiapsiagaan Bencana Banjanegara Berjalan Baik

Kamis, 18 November 2021 - 20:11 | 27.02k
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memeriksa peralatan penanganan bencana. (FOTO: Kominfo for TIMES Indonesia)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memeriksa peralatan penanganan bencana. (FOTO: Kominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARAGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menilai kesiapsiagaan Kabupaten Banjarnegara dalam menghadapi bencana pada musim penghujan tahun ini sudah berjalan baik.

"Dengan kesiapsiagaan tersebut maka akan memberikan rasa aman bagi masyarakat," katanya saat memimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana di Lapangan Desa Wanayasa, Kamis (18/11/2021).

Hadir dalam kegiatan ini Plh Bupati Banjarnegara H Syamsudin dan segenap jajaran TNI-Polri, BPBD, Dinsos, PMI, Ormas dan para relawan.

Gubernur Ganjar memberi apresiasi dan terima kasih kepada seluruh komponen yang tergabung dalam apel kesiapsiagaan bencana ini.

"Beberapa kali menghadapi situasi bencana, mereka selalu ada untuk membantu masyarakat," katanya

Ganjar juga menyampaikan bahwa Kabupaten Banjarnegara menjadi perhatian nasional karena beberapa daerahnya rawan akan bencana, terutama saat musim penghujan.

Oleh karena itu, dia mengingatkan kepada seluruh peserta apel untuk selalu siap menggunakan berbagai cara maupun metode yang dimiliki dalam meminimalisir resiko bencana.

Paling sederhana imbuh Ganjar, adalah menggunakan ilmu tradisional dalam melihat situasi alam, yaitu ilmu titen.

"Misalnya, jika hujan turun deras di area rawan bencana longsor segera siapkan tempat mengungsi bagi masyarakat," terangnya.

Disamping itu, sosialisasi kepada masyarakat melalui berbagai informasi mengenai kondisi cuaca, peta bencana dan peringatan dini bila ada potensi bencana juga menjadi bagian penting untuk meminimalisir resiko bencana.

Segala bentuk informasi baik melalu media maistream atau media sosial perlu disosialisasikan kepada masyarakat agar tahu akan perkembangan situasi dan kondisi terkini.

Ganjar juga mengingatkan agar peralatan dan perlengkapan siaga bencana selalu dicek kesiapannya agar berfungsi baik ketika sedang menghadapai situasi bencana.

"Peralatan berfungsi, sosialisasi terjadi, peta bencana dimiliki, cuaca dipantau maka kesiapsiagaan bencana bisa kita laksanakan," tuturnya. 

Usai apel dilaksanakan, Gubernur Jawa Tengah bersama Plh Bupati H Syamsudin, Banjarnegara, Kepala BPBD, Aris Sudaryanto Banjarnegara dan Anggota DPRD Banjarnegara melakukan peninjauan peralatan dan kendaraan operasional penanganan bencana. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES