Peristiwa Internasional

Truk Trailer Medco Terperosok, Akses Menuju Wisata Ijen Bondowoso Lumpuh Total

Kamis, 18 November 2021 - 18:09 | 49.04k
Truk Trailer Medco tampak menutupi jalan menuju kawasan wisata Ijen (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Truk Trailer Medco tampak menutupi jalan menuju kawasan wisata Ijen (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOTruk trailer milik milik PT Medco Cahaya Geothermal (MCG) terperosok di jalan menuju kawasan Wisata Ijen. Tepatnya di Dusun Kluncing, Desa Sumberejo, Kecamatan Sumber Wringin Bondowoso, Kamis (18/11/2021). 

Informasi dihimpun, truk trailer yang terperosok tersebut mengangkut mesin untuk kegiatan eksploitasi panas bumi di Kawasan Ijen.

Kasat Lantas Polres Bondowoso, AKP Didik Sugiarto mengatakan, truk tronton itu terperosok saat hendak turun dari Kecamatan Ijen. "Diduga sopir truk tak menguasai medan sehingga membuat kendaraan berat itu terperosok," paparnya.

Insiden tersebut terjadi sekitar pukul 04.30 WIB pagi. Beruntung tak ada korban dalam kejadian itu. Begitu pun kondisi sopir truk tronton dalam kondisi baik. Tak mengalami luka-luka.

"Sopirnya tak luka-luka, aman. Tak ada korban," imbuhnya. 

Menurutnya, akibat kejadian itu, jalan yang merupakan akses utama menuju Kecamatan Ijen begitu juga sebaliknya. "Maka arus lalulintas lumpuh total. Tak bisa dilewati kendaraan roda empat," paparnya saat dikonfirmasi.

Satlantas Polres Bondowoso berkomunikasi dengan PTPN XII di Kecamatan Ijen, bahwa sementara tak ada mobilitas dulu ke daerah kota. 

"Begitu juga yang akan menuju kecamatan Ijen juga belum bisa. Kan tapi kegiatannya orang PTP semua itu. Dijaga Polisi itu mulai pagi," bebernya. 

Sementara untuk mengevakuasi kendaraan itu, pihaknya sudah berkomunikasi dengan pihak PT Medco Cahaya Geothermal (MCG) untuk mendatangkan crane. "Masih perjalanan dari Banyuwangi. Karena tidak mudah mendatangkan crane-nya itu," bebernya melalui sambungan telepon. 

Danposramil Sumberwringin, Peltu Untung Subagyo membenarkan bahwa proses evakuasi memang menunggu crane. Bahkan hingga pukul 16.42 WIB crane belum tiba di lokasi. Karena itulah, seluruh Muspika berada di TKP. 

"Dari pihak PT sendiri nyampaikan mungkin ya agak malam ya. Kita tak bisa memastikan jam berapa, kita tidak tahu, yang tahu pihak PT," jelasnya. 

Menurutnya, arus lalu lintas sejauh ini hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua. Itu pun melewati bawah truk trailer karen ada sedikit celah. 

Yayuk Maharani, salah seorang wisatawan domestik mengaku terpaksa putar balik dan membatalkan rencana untuk bertamasya ke objek wisata Kawah Wurung. 

Menurutnya, truk trailer milik Medco tersebut menutup penuh akses menuju Wisata Ijen. Dia mengaku mengendarai mobil bersama keluarganya. "Jelas tak bisa melintasi jalan utama. Ya putar balik, tidak bisa lewat," imbuhnnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES