News Commerce Indonesia Bangkit

Peringati Bulan Bahasa, SMK Kesehatan Sadewa Yogyakarta Sukses Gelar International Day

Rabu, 17 November 2021 - 13:37 | 35.75k
Puncak peringatan Bulan Bahasa di SMK Kesehatan Sadewa Yogyakarta digelar acara International Day. (Foto: SMK Kesehatan Sadewa for TIMES Indonesia)
Puncak peringatan Bulan Bahasa di SMK Kesehatan Sadewa Yogyakarta digelar acara International Day. (Foto: SMK Kesehatan Sadewa for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTASMK Kesehatan Sadewa, Sleman, Yogyakarta, sukses menggelar acara International Day sebagai peringatan Bulan Bahasa, Rabu (11/11/2021). 

Acara ini merupakan puncak dari rangkaian bermacam-macam lomba yang dilaksanakan secara virtual berbagai bidang bahasa tingkat SMP se-DIY.

Selain penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba, acara International Day dimeriahkan pameran kebudayaan dari berbagai negara dan daerah di Indonesia. Berbagai kebudayaan, mulai dari kuliner, pakaian, hingga tarian khas negara atau daerah tersaji di setiap stan kebudayaan dalam acara ini. Serta penampilan dari peserta didik, guru karyawan di panggung dalam acara puncak.

Ketua panitia penyelenggara International Day, Rina Hidayati MPdBI, sangat bangga dengan berlangsungnya acara ini. Karena dapat dijadikan sebagai media pembelajaran budaya yang menarik bagi siswa.

“Dalam rangka bulan bahasa, SMK Sadewa ingin mengasah keterampilan anak-anak dalam penguasaan bahasa,” kata Rina.

Selain itu, Rina melanjutkan, acara ini dapat dijadikan tolak ukur sejauh mana anak-anak SMK Kesehatan Sadewa mempunyai skill kreativitas diluar pelajaran. Karena skill tersebut bisa digunakan di masa kini dan masa yang akan datang.

“Didukung dengan adanya pameran kebudayaan, tentu saja wawasan siswa mengenai budaya dari berbagai negara dan daerah juga akan semakin luas,” ujar Rina.

Hayu Dyah Prawesti SPdGr, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Kesehatan Sadewa, sekaligus panitia acara International Day menyampaikan bahwa acara yang melibatkan seluruh warga sekolah, termasuk peserta didik ini menjadi upaya dalam membangun karakter siswa dalam mengapresiasi bahasa dan budaya.

“Banyak sekali manfaat dari kegiatan ini. Acara ini merupakan sarana kegiatan sekolah yang melibatkan peserta didik sehingga mampu menjadi wadah kreativitas,” kata Hayu.

Menurut Hayu, kegiatan ini tentunya memberi pengalaman peserta didik untuk bekerja sama membangun komunikasi, dengan begitu diharapkan dapat membangun karakter yaitu membangun kesadaran sikap positif peserta didik terhadap bahasa dan budaya.

Selain itu, Hayu juga menambahkan bahwa dengan adanya acara ini tentu saja dapat dijadikan sarana dalam meningkatkan mutu sekolah. “Tentu saja juga meningkatkan kekompakan setiap warga sekolah sehingga lebih harmonis,” tandasnya.

Drs Harminto MM, Kepala SMK Kesehatan Sadewa, menyampaikan peringatan bulan bahasa diharapkan terus dapat digelar, ditingkatkan, dan dikembangkan dalam ide dan pelaksanaanya di tahun-tahun berikutnya, serta diperluas sampai di luar daerah luar Yogyakarta.

“Harapannya di tahun depan masih ada kegiatan ini dan lebih meriah dan semarak tentunya. Kebudayaan setiap negara harus lebih banyak dimunculkan serta dihadirkan turis-turis dari mancanegara, sehingga wawasan siswa terhadap kebudayaan dan bahasa asing juga semakin meningkat sesuai UU No 24 tahun 2009 yaitu menguasai bahasa asing,” jelas Kepala SMK Kesehatan Sadewa Yogyakarta ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES