Pendidikan

Raih Beasiswa, 25 Mahasiswa Brebes Dibiayai Sampai Lulus di Universitas Terbuka

Rabu, 17 November 2021 - 21:14 | 37.69k
Direktur Universitas Terbuka Purwokerto, Dr Adi Suryanto MPd saat membuka Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (Foto Dinkominfotik Brebes For TIMES Indonesia)
Direktur Universitas Terbuka Purwokerto, Dr Adi Suryanto MPd saat membuka Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (Foto Dinkominfotik Brebes For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BREBES – Peraih predikat beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP.K) Universitas Terbuka (UT) Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Purwokerto ternyata mahasiswa asal Kabupaten Brebes

25 mahasiswa asal Brebes tersebut mendapatkan beasiswa selama 4 tahun dan biaya operasional dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Dilansir dari Dinkominfotik Brebes, Direktur Universitas Terbuka Purwokerto, Dr Adi Suryanto MPd saat membuka Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) di SMA Negeri 1 Kersana, Brebes. Rabu, (17/11) menjelaskan para mahasiswa tersebut akan dibiayai oleh negara sampai lulus

“Kalau mereka bisa mempertahankan prestasi dan ketentuan yang dipersyaratkan, namun bila tidak memenuhi syarat tertentu bisa jadi hanya satu atau dua semester saja,” tegasnya

Pelatihan ini sejatinya untuk mewujudkan kemandirian dan daya juang Mahasiswa UT UPBJJ Purwokerto dalam menempuh studinya.

Dan juga untuk mempercepat mahasiswa baru beradaptasi dengan Sistem Belajar Jarak Jauh (SBJJ) agar setiap mahasiswa mampu mempelajari materi perkuliahan secara mandiri tanpa tergantung kepada dosen.

Belajar.jpg

Pasalnya,  pelatihan serupa sudah dilakukan secara daring kepada para mahasiswa, tetapi dipandang tidak cukup karena bentuknya ketrampilan, maka harus dilaksanakan secara luring.

Dengan ketrampilan belajar jarak jauh, diharapkan mahasiswa bisa lulus dengan hasil yang memuaskan, karena mahasiswa KIP.K ini secara khusus di evaluasi terus, setiap semester.

Penerima KIP.K bukan mahasiswa sembarangan, dan tidak serta merta dapat KIP.K lagi untuk semester kedua kalau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) menurun, beasiswa tersebut akan dihentikan atau dialihkan ke mahasiswa lain.

“Dari fasilitas KIP.K, biaya kuliah gratis, maka harus konsentrasi belajar agar bisa lulus dalam waktu 4 tahun,” kata Adi.

Sedangkan pada semester 5 ada kesempatan mengambil kuliah diluar UT. Mahasiswa UT bisa menikmati kuliah yang ada di Indonesia maupun di luar negeri. 

Sebagai Kampus Merdeka Belajar, mahasiswa pada semester 5 bisa belajar di UI, UGM, ITS bahkan di kampus di luar negeri. Untuk itu mahasiswa diharapkan mampu menguasai bahasa Inggris serta mahir dalam menggunakan IT.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES