Peristiwa Nasional

Jusuf Kalla Lantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Maluku Utara Periode 2021-2026

Rabu, 17 November 2021 - 19:07 | 37.14k
Jusuf Kalla Lantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Maluku Utara Periode 2021-2026
Foto bersama Ketua PMI Pusat, H. Muhammad Jusuf Kalla dengan Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Provinsi Maluku Utara. (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)
Pewarta: | Editor: Faizal R Arief

TIMESINDONESIA, TERNATE – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, H. Muhammad Jusuf Kalla secara resmi melantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Maluku Utara masa Bhakti 2021-2026, bertempat di Royal Resto, Ternate, Rabu (17/11/2021).

Dalam sambutannya, Mantan Wapres era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo itu menyampaikan bahwa  prinsip-prinsip pokok Palang Merah Indonesia (PMI) atau Bulan Sabit merah semuanya adalah bekerja membela yang kesulitan, membantu sesama manusia. 

"Berbasis kemanusiaan dan membantu bila dibutuhkan dengan itu kita harus siap apabila ada masalah," ujar pria yang akrab dengan akronim JK 

JK menuturkan awal didirikan Palang Merah itu akibat adanya bencana perang yang korbannya tidak tertangani. Untuk sekarang ini pandemi Covid 19 merupakan bencana dunia. Tentunya palang Merah Indonesia bekerja keras bersama pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi bencana tersebut. 

"Pelayanan kesehatan dan upaya-upaya lainnya yang dibutuhkan kebersamaan kita semua yang intinya adalah kemanusiaan," pintanya.

Jusuf Kalla berharap kepada pengurus yang baru dilantik agar bekerja demi kemanusiaan dan bila ada bencana harus siap untuk membantu. 

Sementara Wakil Gubernur Maluku Utara Ir. M. Al Yasin Ali, yang yang juga ketua Dewan Kehormatan PMI Provinsi Maluku Utara menyampaikan bahwa sebagai organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan, Palang Merah Indonesia atau dikenal dengan sebutan PMI telah berkomitmen untuk memberikan layanan tanpa memihak golongan politik, ras, suku, ataupun agama tertentu. 

"Deretan peristiwa yang terjadi setiap saat di se-antero dunia maupun di negara kita sangat membutuhkan sebuah organisasi kemanusiaan yang menggerakkan jiwa sosial masyarakat untuk menjadi garda terdepan dan itu kita dapatkan pada organisasi Palang Merah Indonesia," kata Wagub.

PMI Provinsi Maluku Utara dalam menjalankan tugas utamanya adalah membantu pemerintah dalam penanganan bencana, pelayanan kesehatan dan sosial, pemenuhan kebutuhan darah serta pelayanan kemanusiaan lainnya yang dibutuhkan. 

Selain itu, Pelayanan PMI Provinsi Malut dalam penanggulangan bencana dan krisis kesehatan dalam wilayah Provinsi Maluku Utara maupun diluar seperti operasi tanggap darurat bencana gempa bumi, tsunami dan liquifaksi terlibat aktif bahkan saat dunia diguncang dengan wabah penyakit Covid-19. 

"PMI Maluku Utara ikut tergabung dalam kegiatan kemanusiaan penanggulangan pandemi COVID-19 di provinsi Maluku Utara," ujarnya.

Bupati Halteng dua periode ini berharap kepada seluruh relawan PMI Maluku Utara agar tetap setia melaksanakan tugas kemanusiaan di negara yang dicintai ini. 

"Saya meminta pengurus PMI provinsi Maluku Utara agar terus mempertahankan eksistensi relawan dengan meningkatkan kapasitas mereka dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan untuk membantu masyarakat," tegasnya.

Sementara ketua PMI Provinsi Maluku Utara Prof. Husen Alting menyampaikan PMI Provinsi Maluku Utara dalam menjalankan aktivitasnya sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang-Undang nomor 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan, tugas utama PMI adalah membantu pemerintah dalam penanganan bencana, pelayanan kesehatan dan sosial, pemenuhan kebutuhan darah serta pelayanan kemanusiaan lainnya yang diberikan pemerintah. 

"Saat ini, telah terbentuk PMI di 9 Kabupaten/Kota, dan masih tersisa 1 Kabupaten yang belum terbentuk yaitu Kabupaten Kepulauan Sula," terangnya.

PMI provinsi Maluku Utara, sesuai hasil Penilaian BOCA (Branch Organizational Capacity Analize), oleh Federasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (IFRC) merupakan salah satu PMI di Indonesia dengan kategori BAIK dalam tata kelola manajemen organisasi. Walaupun terdapat beberapa catatan yang perlu d tingkatkan antara, lain kondisi lingkungan kerja yang kondusif serta fasilitas yang memadai (markas), perencanaan dan pendanaan serta pengembangan kapasitas SDM. 

Sementara untuk pemenuhan kebutuhan darah di UTD PMI Provinsi Maluku Utara baru mencapai 3000-4000 kantong per tahun dari target 5000 kantong per tahun dan melayani permintaan dari 7 (tujuh) rumah sakit di Kota Ternate serta beberapa rumah sakit di kabupaten/kota. 

PMI Maluku Utara saat ini memiliki 1.500 relawan yang tersebar di 9 kabupaten/kota yang merupakan garda terdepan PMI. Relawan adalah masa depan bangsa, di tangan merekalah nilai-nilai kemanusiaan akan terus ditebarkan di persada ini. "Maka wajib bagi kita untuk terus mempertahankan eksistensi relawan dengan meningkatkan kapasitas mereka untuk menjalankan tugas-tugas kemanusiaan dalam membantu," ungkap mantan Rektor Unkhair Ternate ini.

Perlu diketahui, sesuai SK Pengurus Pusat Nomor 125/Kep/PP.PMI/X/2021 tentang Pelantikan Dewan Kehormatan PMI Provinsi Maluku Utara masa bhakti 2021-2026 yang diketuai Ir. M. Al Yasin Ali, M.MT, Sekertaris Musrifah Alhadar, anggota Ishak Naser, Drs. Samsuddin A. Kadir,  H. Sarbin Sehe, Dr. Ahmad Purbaya, dan dr. Idhar Sidi Umar. 

Kemudian, sesuai SK Pengurus Pusat Nomor 126/Kep/PP.PMI/X/2021 tentang pengurus Palang Merah Indonesia Provinsi Maluku Utara masa bhakti 2021-2026 dengan komposisi Pelindung Gubernur Maluku Utara, Ketua PMI Provinsi Maluku Utara Prof. Dr. Husen Alting. 

Selain Pelantikan Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Provinsi Maluku Utara, Ketua Umum PMI Pusat, Jusuf Kalla juga berkesempatan meninjau sekaligus meresmikan Pelayanan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Provinsi Maluku Utara di Markas Kelurahan Bastiong Ternate.

Hadir pada kegiatan ini, Ketua Umum PMI Pusat H. Muhammad Jusuf Kalla, Wakil Gubernur Maluku Utara Ir. M. Al Yasin Ali, M.MT, Forkompimda Provinsi Maluku Utara, Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara Rahmi Husen, Ketua PMI Maluku Utara Prof. Dr. Husen Alting, dan juga para relawan PMI Provinsi Maluku Utara (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

EKORAN

TERBARU

  • DPRD Jabar Setuju Rencana Kerja Sama dengan Infrastructure Asia Singapura
    DPRD Jabar Setuju Rencana Kerja Sama dengan Infrastructure Asia Singapura
    28/01/2022 - 23:03
  • Kalahkan Persipura, Arema FC Puncaki Klasemen Liga 1 2021
    Kalahkan Persipura, Arema FC Puncaki Klasemen Liga 1 2021
    28/01/2022 - 22:51
  • Dandim 0612/Tasikmalaya Tinjau Vaksin Anak di Puskesmas
    Dandim 0612/Tasikmalaya Tinjau Vaksin Anak di Puskesmas
    28/01/2022 - 22:41
  • BNPT Sebut Ada Ratusan Pesantren Terafiliasi Terorisme, PBNU Minta Paparkan Nama
    BNPT Sebut Ada Ratusan Pesantren Terafiliasi Terorisme, PBNU Minta Paparkan Nama
    28/01/2022 - 22:33
  • Beri Efek Jera, Kemendag Tindak Pelaku Usaha Robot Trading Ilegal
    Beri Efek Jera, Kemendag Tindak Pelaku Usaha Robot Trading Ilegal
    28/01/2022 - 22:25

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Skipjack : Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24

KOPI TIMES

  • Islam Wasathiyah, Ulama dan Melawan Terorisme
    Islam Wasathiyah, Ulama dan Melawan Terorisme
    28/01/2022 - 13:23
  • Menunggu Standardisasi Materi Pendidikan Pancasila
    Menunggu Standardisasi Materi Pendidikan Pancasila
    28/01/2022 - 11:20
  • Kepemimpinan Muhammadiyah Bersifat Ilahiyah
    Kepemimpinan Muhammadiyah Bersifat Ilahiyah
    28/01/2022 - 03:33
  • Kepalsuan, Diracik Nama Tuhan
    Kepalsuan, Diracik Nama Tuhan
    27/01/2022 - 16:10
  • Jalan Terjal Tenaga Kerja Lulusan Baru
    Jalan Terjal Tenaga Kerja Lulusan Baru
    26/01/2022 - 18:36
  • Menyulam Demokrasi Sejuk, Menatap Pemilu Kasih Sayang
    Menyulam Demokrasi Sejuk, Menatap Pemilu Kasih Sayang
    26/01/2022 - 13:22
  • Doa Lintas Agama untuk Kepentingan Siapa?
    Doa Lintas Agama untuk Kepentingan Siapa?
    26/01/2022 - 12:34
  • Paradigma Pemikiran dan Kontinuitas Tradisi Intelektual di Pesantren
    Paradigma Pemikiran dan Kontinuitas Tradisi Intelektual di Pesantren
    26/01/2022 - 09:14

KULINER

  • Coto Makassar Widodaren, Gurihnya Bikin Nagih
    Coto Makassar Widodaren, Gurihnya Bikin Nagih
    28/01/2022 - 12:41
  • Skipjack : Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack : Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Sambut Imlek, Nikmati Segarnya Yu Sheng di Genki Sushi Tunjungan Plaza Surabaya
    Sambut Imlek, Nikmati Segarnya Yu Sheng di Genki Sushi Tunjungan Plaza Surabaya
    28/01/2022 - 01:22
  • Resep Viral Tiktok, Crab Rangoon yang Gurih dan Garing
    Resep Viral Tiktok, Crab Rangoon yang Gurih dan Garing
    27/01/2022 - 10:01
  • Lezatnya Nasi Liwet Sampai Terbawa Mimpi
    Lezatnya Nasi Liwet Sampai Terbawa Mimpi
    27/01/2022 - 06:21