Pendidikan

Perdana, UB Terpilih Jadi Tuan Rumah KMI Expo XII 2021

Selasa, 16 November 2021 - 16:00 | 71.88k
Suasana press conference pelaksanaan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII 2021 di Universitas Brawijaya. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Suasana press conference pelaksanaan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII 2021 di Universitas Brawijaya. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Brawijaya (UB) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia atau KMI Expo XII 2021 untuk pertama kalinya.

Kegiatan ini berlangsung 17-19/11/2021. KMI Expo merupakan program tahunan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang bertujuan untuk memunculkan dan meningkatkan potensi kewirausahaan yang dimiliki para mahasiswa.

KMI Expo XII 2021 yang bertema “Collaboration and Sinergy” ini diharapkan dapat menciptakan ruang untuk berinteraksi, bekerja sama, dan berinovasi guna mewujudkan keselarasan kewirausahaan yang inovatif, berdaya saing, dinamis, dan terus berkembang.

Wakil Rektor (WR) III UB, Prof Dr Abdul Hakim menjelaskan pelaksanaan KMI Expo ini berlangsung selama tiga hari dengan sistem blended (online dan offline).

Peserta expo yang mendaftar mencapai 200 perguruan tinggi lebih, namun yang terseleksi untuk mengikuti expo secara offline sebanyak 127 perguruan tinggi. Karena masih suasana pandemi Covid-19, peserta dan pengunjung  stand expo dibatasi dan wajib mematuhi protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Sedangkan peserta yang tidak bisa hadir di arena expo, dapat mengikutinya secara online melalui chanel YouTube Universitas Brawijaya atau UBTV.

Hakim menjelaskan bahwa KMI Expo merupakan acara puncak dari dua kegiatan utama yakni Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) dan Akselerasi Starup Mahasiswa Indonesia (ASMI).

Ada empat sub kategori yang dilombakan dan dipamerkan dalam bentuk stand pameran. Stand pameran tersebut juga dilombakan.

"Ini diselenggarakan setiap tahun dan dipamerkan dengan tuan rumah berbeda-beda. Setahu saya ingin pertama kali UB jadi tuan rumah," katanya saat press conference, Selasa (16/11/2021).

KMI Expo 2021 yang digelar di lapangan UB dan Gedung Samantha Krida ini terbagi dalam kegiatan utama dan pendukung.

Kegiatan utama berisi pameran dan bazar produk, KMI Award, lomba start up, dan PWMI (Pendamping Wirausaha Mahasiswa Indonesia). Sedangkan kegiatan pendukung berupa kompetisi poster, essay, business case, kompetisi cafe mahasiswa Indonesia, dan TikTok kewirausahaan.

Ada lagi kegiatan non kompetisi menarik lainnya berupa kuliah umum kewirausahaan, talkshow kewirausahaan, sarasehan forkomawa, sarasehan BH forum pengelola program kewirausahaan mahasiswa Indonesia, serta sarasehan PWMI.

Pada momen ini, sarasehan forum komunikasi pimpinan kemahasiswaan akan menetapkan perguruan tinggi selanjutnya yang akan menjadi tahun rumah KMI Expo XII 2021 setelah UB. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES