Pendidikan

Unesa Dipercaya Jadi Tuan Rumah Penyelenggaraan KMHE 2021

Selasa, 16 November 2021 - 15:37 | 37.09k
Unesa jadi tuan rumah Penyelenggaraan KMHE 2021 (FOTO: Tangkapan Layar Youtube Unesa)
Unesa jadi tuan rumah Penyelenggaraan KMHE 2021 (FOTO: Tangkapan Layar Youtube Unesa)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjadi tuan rumah Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) tahun 2021 yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Pupresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI (Kemendikbudristek RI).

Tahap final akan diselenggarakan secara luring pada 16-19 November 2021 di Sirkuit Gelora Bung Tomo (GBT), Pakal, Surabaya. KMHE merupakan kompetisi mobil irit tingkat nasional yang diikuti peserta tim dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia.

Dalam penyelenggaraannya, Pusat Prestasi Nasional bekerja sama dengan perguruan tinggi setempat sebagai tuan rumah, tahun ini Unesa.

Para peserta KMHE 2021, sebelumnya telah melewati berbagai tahapan, mulai dari penilaian laporan desain kendaraan, seleksi laporan desain kendaraan, hingga seleksi virtual technical inspection pada 20 September hingga 01 Oktober 2021.

Unesa surabaya 2

Nah, hasil seleksi tersebut, berdasarkan surat keputusan yang ditandatangani Asep Sukmayadi sebagai Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional pada 03 Oktober 2021, total ada 24 tim yang lolos ke tahap final dan akan mulai beraksi di Sirkuit GBT besok (16-19 November 2021).

Kompetisi ini merupakan salah satu upaya mencari solusi terbaik dalam mengatasi krisis energi. Apalagi persediaan bahan bakar sebagai sumber energi yang semakin hari semakin menipis, sementara kebutuhan energi meningkat menyebabkan energi menjadi permasalahan hampir di seluruh negara di dunia termasuk Indonesia.

Diungkapkan rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., mendukung penuh penyelanggaraan KMHE 2021 itu. Bahkan jauh-jauh hari, pihaknya sudah mengerahkan tim untuk mensukseskan acara tersebut.

Baginya, KMHE sangatlah penting dalam merangsang imajinasi, menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa teknik seluruh Indonesia. "Masa depan negara, termasuk soal kebutuhan energi ada di tangan anak-anak muda kita saat ini," tandasnya.

Selain itu, juga dapat meningkatkan kemampuan soft skill dan hard skill para mahasiswa dalam menjawab persoalan energi nasional dan bahkan dunia saat ini.

Rektor berharap, semoga kompetisi tersebut berjalan lancar, para peserta bisa mengikutinya tanpa hambatan hingga acara selesai. Dia mengimbau kepada seluruh peserta agar tetap mematuhi protokol kesehatan selama lomba berlangsung.

Unesa surabaya 3

Dijelaskan juga oleh Ketua Panitia KMHE Agus Hariyanto bahwa kompetisi ini sebagai solusi khususnya untuk kendaraan-kendaraan di masa depan yang dapat menghemat energi sekaligus ramah lingkungan.

"Oleh karena itu diperlukan solusi cerdas, salah satunya menciptakan mobil hemat energi selain itu perlu menciptakan sumber-sumber energi yang bersih, handal serta terbarukan kendaraan yang ramah energi dan ramah lingkungan," ungkap Agus saat sambutan Selasa, (16/11/2021).

Peserta KMHE, yang tahun ini bakal diselenggarakan oleh Unesa, berasal dari beberapa daerah dan universitas-universitas unggul di Indonesia, misalnya dari ITS, UI, Undip, UNJ, UB dan lain-lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES