Peristiwa Daerah Indonesia Herd Immunity

Lansia di Kabupaten Malang dapat Vaksin Johnson & Johnson

Selasa, 16 November 2021 - 11:40 | 70.22k
Vaksin J&J yang digunakan Dinkes Kabupaten Malang untuk lansia (Foto : CNBC)
Vaksin J&J yang digunakan Dinkes Kabupaten Malang untuk lansia (Foto : CNBC)
FOKUS

Indonesia Herd Immunity

TIMESINDONESIA, MALANGVaksin Johnson & Johnson atau J&J digunakan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang untuk vaksinasi Covid-19 terhadap lansia. Vaksinasi tersebut dinilai sangat cocok bagi lansia serta memiliki efikasi yang tinggi.

Kepala Dinkes Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo mengatakan, vaksin Johnson & Johnson atau J&J memiliki beberapa kelebihan. Selain efikasi tinggi, cukup sekali suntikan.

"Untuk vaksinasi Johnson & Johnson tingkat efikasi 67,2 persen pada semua gejala. Dan efikasi 66,1 persen mencegah gejala sedang hingga berat," ujar Arbani, Selasa (16/11/2021). "Vaksinasi lebih mudah digunakan. Sebab penggunaanya hanya perlu satu dosis saja," terangnya.

Vaksin Johnson lansiaSuntikan vaksin untuk lansia di Kabupaten Malang. (Foto: dok TIMES Indonesia)

Menurutnya, penggunaan vaksin Johnson & Johnson ini sudah atas rekomendasi dari Kementerian Kesehatan. Sehingga pengunaannya dinyatakan aman.

Di Indonesia kata dia, vaksin tersebut didaftarkan oleh PT Integrated Health Indonesia (IHI) sebagai pemegang EUA dan bertanggungjawab untuk penjaminan keamanan, khasiat, dan mutu vaksin. 

"Jadi, sudah melewati uji lab dan telah mendapatkan izin dari Kementerian Kesehatan dan BPOM RI," kata mantan Direktur RSUD Lawang tersebut.

Dia menyebutkan, Vaksin Johnson & Johnson yang digunakan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang bagi lansia, sebenarnya juga disuntikkan kepada masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES