Wisata

Curug Luhur Air Mancur Pegunungan di Langkaplancar Potensi jadi Objek Wisata

Senin, 15 November 2021 - 21:39 | 77.45k
Lokasi Curug Luhur di Desa Cimanggu Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran (Foto : Pemdes Cimanggu)
Lokasi Curug Luhur di Desa Cimanggu Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran (Foto : Pemdes Cimanggu)

TIMESINDONESIA, PANGANDARANCurug Luhur yang berada di Desa Cimanggu, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat sangat berpotensi jadi objek wisata.

Keberadaan Curug Luhur berada di daerah pegunungan diantara perbukitan dengan kondisi terdapat aliran air yang mengurai secara alami.

Secara geografis, di Kecamatan Langkaplancar banyak aliran sungai dibawah pegunungan, sehingga tidak heran jika penomena air terjun pegunungan banyak terdapat dilokasi itu.

Kepala Desa Cimanggu, Kecamatan Langkaplancar Dede Efendi mengatakan, sebelumnya lokasi Curug Luhur hanya sebuah hutan belantara yang terkenal anker dan jarang dikunjungi masyarakat.

Seiring perkembangan jaman dan tekhnologi, banyak warga yang melintas di daerah tersebut dan mengabadikan melalui foto.

"Karena postingan dari beberapa media sosial itulah Curug Luhur banyak diminati warga untuk dikunjungi," kata Dede, Senin (15/11/2021).

Curug-Luhur-2.jpg

Keindahan tersebut mendorong masyarakat dan penggiat sosial di Desa Cimanggu, Kecamatan Langkaplancar untuk membangun akses jalan menuju lokasi tersebut.

Secara gotong royong dan sukarela, masyarakat melakukan gerakan bakti sosial berinisiatif menata dan mempercantik lokasi Curug Luhur.

"Air terjun yang tinggi dan udara yang sejuk, serta rindangnya pepohonan disekitar Curug Luhur kerap menghipnotis pengunjung menikmasi suasana alam yang masih alami," tambah Dede.

Untuk menuju lokasi Curug Luhur tersebut dari kantor Desa Cimanggu sekitar 5 kilometer bisa ditempuh sekiatar 15 sampai 20 menit.

"Berkat kerjasama yang baik antara Pemerintah Desa dan masyarakat kini akses menuju Curug Luhur sudah mudah," jelasnya.

Kedepan Pemerintah Desa akan menjadikan lokasi Curug Luhur sebagai salah satu penghasilan desa dengan pola pengelolaan wisata.

"Saat ini penataan dan inovasi terus dilakukan agar bisa menarik pengunjung yang datang," paparnya.

Apabila fasilitasnya sudah memadai, Curug Luhur bakal menjadi wisata favorit di Langkaplancar bahkan di Pangandaran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES